Desa Sukapura Terendam Banjir, 50 Rumah Tergenang, 40 Kolam Ikan Meluap

  • Whatsapp

 

LAMPUNG SELATAN – Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Sragi, Lampung Selatan (Lamsel) sejak beberapa hari terakhir berdampak banjir. Utamanya di Dusun 1, 2, 3, 4, 5 dan 7 Desa Sukapura.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Sedikitnya, sekitar 50 rumah tergenang air dan 40 kolam ikan meluap. Kerugiannya ditaksir mencapain 600 juta. Hal tersebut berdasarkan informasi dari tim PMI Cabang Lamsel saat yang melakukan evakuasi dilokasi setempat.

“50 rumah terendam dengan jumlah jiwa kurang lebih 200 jiwa diantaranya 4 jiwa Lansia, Ibu hamil dan 4 balita. Terdampak lain 40 kolam ikan warga,” ujar tim PMI Cabang Lamsel, Selamet Riyadi kepada wartawan, Jum’at (10/1/2020) malam.

Selamet Riyadi mengatakan, kondisi banjir diperkirakan mencapai lutut orang dewasa. Sebanyak 4 KK, 1 Lansia dan Ibu Hamil harus mengungsi.

“Keterangan warga setempat, banjir memang terjadi secara tahunan dan ini adalah banjir yang terparah sejak 5 tahun terakhir. Ini disebabkan curah hujan yang tinggi disinyalir buruknya drainase atau irigasi di dusun tersebut juga memperparah tingginya air. Perlunya pelebaran dan normalisasi drainase bisa menjadi solusi terbaik,” jelasnya.

Hingga pukul 21.30 WIB, debit air sudah mulai surut, namun jika turun hujan lebat kemungkinan air akan kembali naik. Sementara itu, untuk kebutuhan warga belum teridentifikasi. Sebab, warga masih bisa mengungsi ke rumah saudara atau warga setempat.

“Saat ini kami (PMI Lamsel) masih dilokasi, bersama Bapak Camat Sragi,nBabinsa Desa Sukapura Kecamatan Seragi masih standby dilokssi,” pungkasnya. (Doy)

 366 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60