Penanggulangan Bencana, 7 OPD Pemkab Lamsel Disiagakan

  • Whatsapp

LAMPUNG SELATAN – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) siaga penanggulangan bencana alam.

Melalui apel siaga dan simulasi bencana alam yang dilakukan di Lapangan Korpri Pemkab Lamsel, sore tadi (10/1/2020), Pemkab Lamsel menerjunkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bersinergi dengan stake holder penanggulangan bencana alam lainnya.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Sedikitnya, 7 OPD dilingkungan Pemkab Lamsel siap bersinergi dalam kesiagaan penanggulangan bencana. Masing-masing yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Diskes), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP dan Damkar), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan RSUD Bob Bazar Kalianda.

“Pemkab Lamsel bersinergi dengan organisasi vertikal, seperti TNI, Polri, Basarnas, ASDP dan yang lainnya untuk bekerjasama agar saat nanti melakukan penanggulangan tidak ada keraguan lagi,” ujar Asisten I Setdakab Lamsel, Supriyanto kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya, di setiap musim penghujan, beberapa daerah tertentu di Lamsel selalu terjadi bencana musibah banjir. Seperti, Kecamatan Palas, Sragi, Sidomulyo, Candipuro dan Natar.

“Bahkan musibah banjir hampir tersebar kesemua kecamatan. Untuk itu kita perlu mengambil sikap. Karena, memang wilayah kita memiliki trend setiap tahun musim hujan, pasti ada daerah-daerah yang tergenang air yang cukup tinggi. Sehingga ini menjadi musibah, banjir dan sebagainya,” ungkap Suprianto.

Sementara, untuk bencana longsor di Lamsel, sejauh ini belum pernah terjadi. Sebab, menurutnya bencana longsor hanya identik di daerah-daerah perbukitan.

“Mudah-mudahan tidak ada lah. Saya tidak mengatakan belum ada. Tapi jangan sampai ada bencana,” tukasnya. (Doy)

 123 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

banner 728x90