Siaga Bencana di Lamsel, 380 Personel Siap Bantu Masyarakat

  • Whatsapp

LAMPUNG SELATAN – Polres Lampung Selatan (Lamsel) menggelar apel siaga dan simulasi penanggulangan bencana alam di Lapangan Korpri, Komplek Pemkab setempat, Jum’at (10/1/2020).

Meski sedikit molor dari agenda, lantaran guyuran hujan lebat, namun kegiatan tetap berlangsung. Sedikitnya, sekitar 380 personel lintas sektoral hadir dalam apel dan simulasi penanggulangan bencana sore tadi.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Ratusan personel itu, berasal dari Polres, Kodim 0421 LS, Basarnas, BPBD, Satpol-PP dan Damkar, PMI, Tagana, Dinas Kesehatan, PLN, Pramuka. Tak hanya personel, puluhan kendaraan tanggap bencana juga dihadirkan.

Usai melakukan apel, ratusan personel lintas sektoral itu melakukan simulasi penanggulangan bencana banjir. Dalam skenario simulasi, bencana banjir terjadi di Desa Kedaung, Kecamatan Sragi.

Basarnas, TNI dan Polri saat melakukan evakuasi korban meninggal dunia akibat bencana banjir.

Terdapat beberapa korban dalam bencana yang terjadi pada malam hari itu. Dari korban luka-luka hingga meninggal dunia. Seluruh personel kemudian melaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Personil polisi dan pramuka saat mengevakuasi korban luka-luka akibat bencana banjir.

Kapolres Lamsel, AKBP Edi Purnomo, SH, SIK, MM mengatakan, siaga bencana juga dilakukan oleh setiap Polsek. Sejauh ini, pihaknya telah membentuk rayon disetiap sektor di Lamsel.

“Rayon-rayon itu nantinya akan kita komunikasikan juga dengan pihak BPBD. Dimana, rayon-rayon itu juga akan siap. Siapa dan berbuat apa di rayon itu juga akan kami komunikasikan dengan pihak BPBD,” ujarnya kepada sejumlah wartawan usai simulasi.

Kapolres Lamsel, AKBP Edi Purnomo bersama Asisten I Setdakab Lamsel, Supriyanto dan sejumlah stake holder penanggulangan bencana daerah.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut merupakan langkah antisipasi. Ia berharap, bencana tidak akan terjadi di Bumi Khagom Mufakat.

“Tapi kalaupun itu (bencana, red) terjadi, kita sudah siap segala sesuatunya, seperti apa yang kita lakukan pada sore hari ini,” imbuhnya.

Sementara, mengenai sarana dan prasarana juga telah dipersiapkan Korp Bhayangkara itu untuk siaga penanggulangan bencana.

“Tentunya untuk sarana dan prasarana kita menyesuaikan dengan bencana yang terjadi. Apabila bencana banjir, kita bersama dengan Basarnas dan BPBD pastinya menyiapkan prahu karet, ambulan dan tenda-tenda. Pun mengenai personil, kita juga telah memiliki tim khusus disetiap sektor yang berkoordinasi dengan leading sektor lainnya,” tukasnya. (Doy)

 88 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60