Mari, Pilih Pemimpin Way Kanan Yang Siap Terima Kritik dan Saran

  • Whatsapp

Oleh : Adiwijaya, Tim Peneliti Lembaga Pusat Studi, Konstitusi dan Perundang-Undangan Universitas Bandar Lampung


 

Bacaan Lainnya

banner 300250

Bulan September mendatang Kabupaten Way Kanan menjadi salah satu daerah yang akan turut melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah secara serentak dari 224 kabupaten yang ada di Indonesia.

Sebagai konsekuensi, perintah UU 23 Tahun 2014 sebagaimana telah dua kali diubah dengan UU No 2 dan 9 Tahun 2015 terkait Pemerintahan Daerah dan UU 8 Tahun 2015 yang merupakan perubahan atas UU No 1 Th. 2015 tentang penetapan Perppu No 1 Th. 2014 mengenai pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota menjadi Undang-Undang.

Pilkada serentak yang sudah dimulai sejak tahun 2015, ternyata berjalan dengan baik dan berhasil memangkas pengeluaran negara. Tetapi, kondisi ini tidak berjalan linier dengan terbentuknya pemimimpin yang benar-benar hadir dan berdiri diatas semua golongan. Pemimpin daerah yang benar-benar memiliki karakter dan integritas.

Terbukti, dari banyaknya kepala daerah kabupaten di Provinsi Lampung terjerat kasus korupsi. Salah satu faktor penyebabnya adalah tingginya kost politik yang dikeluarkan oleh calon terpilih.

Pilkada mendatang adalah pesta demokrasi yang harus jadi momentum yang tepat bagi masyarakat Way Kanan untuk menentukan siapa yang akan kita pilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati dalam lima tahun mendatang. Masyarakat harus objektif dalam menentukan sikap politiknya karena jika salah dalam menentukan pilihan tidak menutup kemungkinan Way Kanan akan menjadi salah satu kabupaten berikutnya yang akan berurusan dengan lembaga anti rasuah tersebut.

Saya mengajak masyarakat untuk memilih calon yang bisa benar-benar dapat mewakili dan memperjuangkan jeritan serta penderitaan rakyat mayoritas yang ada di Way Kanan dalam lima tahun mendatang.

Mari, kita bersama-sama menyamakan pandangan agar nanti terpilih pemimpin yang siap menerima kritik dan saran yang akan membesarkan dan mesejahterakan masyarakat dan Kabupaten Way Kanan.

Pemimpin yang memiliki program kerakyatan yang dapat direalisasikan untuk semua golongan, sesuai cita-cita founding Father yang tertuang di dalam Preambule Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

 226 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60

Tinggalkan Balasan