Keindahan Danau Situ Patenggang Bandung

  • Whatsapp

 

BANDUNG – “Sangat Indah”, demikian kata yang pertama kali diucapkan puluhan wartawan Lampung Selatan (Lamsel) saat mengunjungi Danau Situ Patenggang, yang berada di Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Sejak dari perjalanannya saja, udara nan sejuk dan bantaran hijau kebun teh telah mengiringi para pewarta itu menuju Danau Patenggang. Bahkan, beberapa pewarta yang mulanya tertidur di dalam bus, terbangun untuk menikmati suasana pemandangan di perjalanan.

Setibanya disana, ternyata tak meleset dari harapan para pewarta. Pemandangan yang sangat luar biasa indah menyambut kedatangan puluhan wartawan dari tanah Sai Bumi Ruwa Jurai itu di Danau Patenggang.

Seketika, rasa lelah dari perjalanan pun hilang terurai rasa kagum dengan keindahan alam ini. Ya, sebenarnya itu baru sebagian kecil dari keindahan yang diciptakan sang illahi.

Tak berlama-lama, para pewarta kemudian bergegas untuk turun dari bis dan langsung menuju restauran yang bertema kapal besar di atas bukit. Yaitu yang bernama Pinisi Cafe dan Resto.

Dari resto kapal itu, para pewarta menikmati suguhan keindahan Danau Patenggang yang dikelilingi perbukitan indah. Warna hijau kebun teh yang dipadu dengan pemandangan langit, menjadikan keindahan tempat wisata ini seolah sempurna.

Bukan hanya memanjakan pengunjung dengan keindahan alamnya, Danau Situ Patenggang ternyata juga memiliki nilai sejarah yang berkaitan dengan asmara antar dua manusia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, legenda tempat wisata Situ Patenggang Bandung berasal dari kata pateang-teang (saling mencari) . Sebutan itu berasal dari kisah dua orang titisan dewa bernama Raden Santang dan Dewi Rengganis yang terpisahkan sangat lama.

Mereka pun kemudian saling mencari, dan akhirnya bertemu di tempat yang sekarang bernama Batu Cinta. Dewi Rengganis kemudian mengajukan permohonan untuk dibuatkan danau dan perahu untuk mereka berlayar. Perahu inilah yang kemudian menjadi pulau di tengah Danau Situ Patenggang. (Doy)

 239 kali dilihat,  6 kali dilihat hari ini

banner 468x60