Dukung Pengembangan Pariwisata, Fraksi PKS Harapkan Keterlibatan Masyarakat

  • Whatsapp

 

LAMPUNG SELATAN – Fraksi PKS DPRD Lampung Selatan (Lamsel) sepertinya terus mendorong pengembangan sektor pariwisata.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Menurut fraksi partai berlambang dua bulan sabit itu, di Lamsel memiliki potensi besar dalam segi wisata yang dapat meningkatkan PAD. Tak hanya PAD, side effects dari pengelolaan lokasi wisata yang maksimal juga akan dirasakan masyarakat setempat.

Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Lamsel, Andi Apriyanto mengatakan, di Lamsel hanya ada dua lokasi wisata yang dikelola Pemkab setempat. Yakni Way Blerang dan Pulau Sebesi.

“Tapi PAD yang dihasilkan juga tidak signifikan, kisaran Rp 200 juta-an itu. Nah, kita kemarin sudah membahas, untuk kenaikan tarif retribusinya dalam upaya peningkatan PAD,” kata Andi dalam launching hari aspirasi Fraksi PKS, di Negeri Baru Resort Kalianda, siang tadi (3/2/2020).

Selain peningkatan PAD, yang menjadi perhatian fraksi PKS yakni tentang side effects yang ditimbulkan dari pengembangan pariwisata.

“Sebab kalau untuk PAD terbatas. Hanya dari dua sumber itu saja. Yang kita inginkan adalah, bertambahnya masyarakat yang mendapatkan nilai manfaat dari pengembangan pariwisata,”lanjut anggota Komisi IV DPRD Lamsel itu.

Menurutnya, jika hanya mengandalkan intervensi APBD saja dalam pengembangan wisata di Lamsel, tidak akan kuat. Untuk itu, harus adanya sentuhan dari investor.

“Tetap harus dibuka untuk investor tapi wilayah publiknya harus dijaga. Mengenai Perda yang mengatur, nanti kita akan masukan kedalam perumusan Bapemperda (Badan Pembuat Perda, red). Agar, meski adanya investasi dari para investor, tapi masyarakat tetap bisa masuk di wilayah pantai,” terang Andi.

Seperti halnya di Kecamatan Bakauheni. Tidak lama lagi, disana akan dibangun lokasi wisata berskala Nasional. Andi mengatakan, pihaknya akan merumuskan bersama eksekutif mengenai pengelolaan wisata tersebut.

“Jangan sampai, ada investor disana, tapi masyarakat setempat hanya bisa nonton. Diharapkan, usaha kecil menengah nantinya bisa masuk di lokasi wisata yang dikembangkan oleh investor,” tukasnya. (Doy)

 73 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60

Tinggalkan Balasan