Katibung Terima Kucuran Rp47,7 M

  • Whatsapp

KATIBUNG – Musyawarah Rencana Pebangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) memasuki ronde terakhir.

Sesuai agenda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, di hari terakhir Musrenbangcam dijadwalkan untuk Kecamatan Katibung dan Jati Agung, Selasa (18/2/2020).

Bacaan Lainnya

banner 300250

Di Kecamatan Katibung, Pemkab Lamsel menggelontorkan anggaran pembangunan sebesar Rp47,7 Miliar. Anggaran tersebut, meliputi pembangunan fisik dan non fisik, Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

Selain itu, sejumlah bantuan sektor pertanian dibagikan di Kecamatan Katibung. Diantaranya, Alat Mesin Pertanian (Alsintan) pompa air, untuk Poktan Sumber Maju Desa Neglasari. Kemudian, bantuan bibit Kelapa Puan Kalianda (KPK) untuk Poktan Tanjung Harapan Desa Sukajaya. Lalu, bantuan KPK untuk tanaman konservasi daerah terdampak tsunami Desa Tarahan.

Selain sektor pertanian, bantuan kendaraan dinas speda motor diberikan untuk operasional pengelola program imunisasi, di UPTD Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Katibung.

Berdasarkan laporan Kepala Bappeda Lamsel, Wahidin Amin membeberkan, dari anggaran pembangunan yang digelontorkan di Kecamatan Katibung, mengalami kenaikan sebesar 5,57 persen.

Sementara, untuk alokasi anggaran DD dan ADD mengalami peningkatan 23,64 persen dari tahun sebelumnya.

“Selain untuk pembangunan, di Kecamatan Ketibung juga terdapat ploting anggaran penanganan bencana. Yakni melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) senilai Rp500 juta lebih,” urainya.

Sementara, Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto berharap, pembangunan di Kecamatan Katibung dapat disertai dengan gotong royong dan partisipasi warga masyarakat.

“Sebab, kesuksesan segala bidang merupakan keinginan kita semua sebagai masyarakat. Diantaranya, gotong royong untuk meningkatkan drainase. Karena, pembngunan jalan kalau drainase-nya tidak baik akan merusak jalan itu. Karenanya, harus ada kepedulian terhadap lingkungan, khususnya masyarakat katibung,” ujar Nanang dalam sambutannya.

Menurut Nanang, dalam upaya percepatan pembabgunan di Kabupaten Khagom Mufakat akan dapat terwujud jika terdapat keselarasan pembangunan dari seluruh sektor. Karena itu, dibutuhkan azas kebersamaan yang baik dari masyarakat untuk menunjang kinerja pemerintah.

“Azas kebersamaan ini perlu dijaga. Jangan saling mencari kesalahan, tapi teruslah membangun kebersamaan. Agar pembangunan di Kabupaten Lamsel, khususnya Kecamatan Katibung dapat terwujud,” harapnya. (Doy)

 92 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60