Swadaya Pemuda, Taman Edukasi Pakuan Ratu Jadi Wadah Kreatifitas

  • Whatsapp

PAKUAN RATU – Pembangunan Taman Edukasi, yang terletak di Kecamatan Pakuan Ratu, Kabupaten Way Kanan terus dilakukan. Taman itu difariasi dengan hiasan yang terbuat dari ban mobil bekas dan bambu.

Pembuatan taman ini, mulanya didasari oleh kegiatan hadrohan. Yakni untuk menjawab kegelisahan pemuda terkait kekosongan wadah untuk membuat kegiatan muda-mudi di skala kecamatan.

Bacaan Lainnya

banner 300250
Proses pembuatan fariasi taman dengan ban mobil bekas.

Kendati demikian, kegiatan pada taman edukasi ini kemudian berkembang. Dimana, oleh pemuda dari Pakuan Ratu taman itu juga dijadikan wadah untuk mengangkat kearifan lokal masyarakat adat setempat.

Menurut Ketua Pengelola Taman Edukasi, Samsul mengungkapkan, pembangunan taman ini dilakukan secara swadaya dan swakelola pemuda setempat, tanpa bantuan dari pihak manapun.

“Ya kita sudah satu tahunan membangun taman ini, dengan memanfaatkan ban mobil bekas menggunakan tenaga dan biaya pribadi,” ucap Samsul saat diwawancarai, Sabtu (29/2/2020).

Dikatakan Samsul, Taman Edukasi ini juga sebagai sarana bagi muda mudi di Kecamatan Pakuan Ratu untuk berkumpul dan menjadi wadah edukasi.

“Rencana kita, taman ini nanti akan kita lengkapi dengan buku bacaan, kegiatan seni budaya adat setempat sehingga dapat jadi sarana pelestarian kebudayaan lokal dan penunjang peningkatkan minat baca anak-anak muda kita,” harap Samsul.

Samsul menambahkan, Taman Edukasi ini belum tersentuh perhatian pemerintah setempat. Padahal, beberapa waktu lalu, Ketua TP PKK Kanupaten Way Kanan, Dessy Afriyanti Adipati sudah sempat berkunjung.

“Kemarin pas Hari Santri Nasional Ketua TP PKK hadir kok, tapi belum ada perhatian lebih lanjut. Mungkin lupa, karena terlalu banyak kegiatan” lanjut Samsul.

Namun menurut Samsul, selaku pengelola, tidak berharap lebih dengan bantuan ataupun perhatian pemerintah. Sebab, ini murni bentuk pengabdian terhadap daerah dan akan menggandeng Karang Taruna Kecamatan Pakuan Ratu dalam pengembangannya nanti.

“Kita juga tidak berharap banyak kok dari pemerintah, ini murni bentuk pengabdian terhadap daerah. Dan supaya kedepan lebih baik dan kegiatan semakin aktif kita juga akan menggandeng Karang Taruna Kecamatan yang baru reorganisasi tanggal 25 kemarin” tutup Samsul. (Awa/Doy)

 603 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60