Ciptakan Generasi Entrepreneur, Aribun Ajak Diskusi Ratusan Pelajar

  • Whatsapp

KETAPANG – Sosok pengusahawan pada Aribun Sayunis, nampaknya terus melekat. Sehingga, track reccord Aribun di dunia bisnis perikanan selalu menjadi motivasi bagi generasi entrepreneur.

Terbukti, Aribun yang juga merupakan Ketua Asosiasi Pengusaha Catfish Indonesia (APCI) Provinsi Lampung, diundang menjadi pemateri dalam workshop, agri bisnis SMK N 1 Ketapang, Lampung Selatan (Lamsel), Rabu (11/3/2020).

Ketua Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar SMKN 1 Ketapang, Novik Aulia mengucapkan terimakasih atas angin segar yang diberikan oleh Aribun. Sebab, dirinya telah bersedia menjadi pemateri untuk menanamkan wawasan enterpreneur perikanan kepada siswanya.

Perempuan berkerudung itu menilai, Aribun merupakan enterpreneur perikanan yang telah mencapai sukses. Ia berharap, dari workshop yang diberikan, dapat bermanfaat bagi siswa.

“Kami berharap, dari workshop ini dapat membuka pengetahuan seluas-luasnya bagi pelajar di SMKN 1 Ketapang mengenai dunia perikanan. Apa yang harus dilakukan, utamanya untuk memajukan perikanan di Indonesia,” ungkap Novik membuka workshop enterpreneur agribisnis perikanan itu.

Ia juga berharap, dari workshop itu dapat melahirkan enterpreneur muda dari SMKN 1 Ketapang. Bahkan Novik juga berharap, dapat mejalin kerjasama dengan APCI Lampung atau dengan perseorangan Aribun, dalam upaya peningkatan mutu tenaga kerja di bidang perikanan.

“Seperti memberikan materi rutin tentang perikanan di sekolah ini, atau sebagai mitra dalam pendidikan Pelatihan Kerja Lapangan (PKL, red),” harapnya.

Sementara, Aribun Sayunis mengatakan, keinginan dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang perikanan merupakan salah satu program yang terus ia lakukan. Karena itu, wawasan mengenai perikanan perlu dibuka dan menjadikan mainset baru bagi generasi enterpreneur.

“Indonesia membutuhkan jutaan ton ikan perhari. Karenanya, pasar untuk ikan ini sangatlah besar. Untuk itu, diperlukan pembangunan mainset terlebih dahulu bagi para generasi kita,” kata Aribun dihadapan ratusan siswa.

Karenanya, dalam upaya pengembangan bisnis perikanan perlu menanamkan mainset dasar. Tentunya, itu tak terlepas dari minat, kualitas dan kepuasan.

Ia berharap, siswa-siswi di SMKN 1 Ketapang, dapat menjadi enterpreneur perikanan dimasa depan.

“Kita membuka ruang bagi siapa saja yang ingin berdiskusi menambah wawasan tentang dunia perikanan. Sehingga, mainset dapat terbangun. Diharapkan, kedepan Indonesia dapat menjadi bagian penyuplai ikan di pasar Internasional,”tukasnya.

Terpisah, sejumlah siswa SMKN 1 Ketapang mengaku sangat tertarik menjadi generasi enterpreneur perikanan. Bahkan saat ditanya, mereka rata-rata memiliki cita-cita menjadi bos perikanan. (Doy)

 105 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60

Tinggalkan Balasan