Lahan Musibah, Disulap Menjadi Berkah

  • Whatsapp

PASIR SAKTI – Puluan ribu hektare lahan di Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), terbilang menjadi lahan musibah.

Bagaimana tidak, puluhan ribu lahan yang terletak di beberapa kecamatan di Lamtim itu merupakan lahan eks tambang pasir. Konotasinya, lahan eks tambang pasir kecil kungkinan untuk dapat kembali produktif.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Namun, sekitar 6 ribu dari puluhan ribu hektare lahan disana, telah dapat disulap menjadi lahan agro. Yakni, dirubah menjadi sentra budidaya ikan air tawar dan persawahan.

Enam ribu lahan terbut adalah milik pengusaha asal Kecamatan Palas, Lampung Selatan (Lamsel) H Aribun Sayunis. Khusus milik Aribun, lahannya terbagi di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Pasir Sakti, Labuhan Maringgai dan Gunung Pelindung.

Aribun Sayunis mengungkapkan, sekitar 15 tahun ribuan hektar lahan yang kini menjadi miliknya itu tak produktif. Kemudian, sejak ia kelola, kini berubah menjadi lahan yang dapat merekrut ratusan tenaga kerja di wilayah setempat.

“Kita melakukan revitalisasi lahan eks tambang pasir ini dikala musim kemarau. Sekitar kurang dari dua tahun, bisa kembali kita manfaatkan,” kata Aribun, di sekitar kawasan perikanan miliknya, yang berada di Desa Rejomulyo, Kecamatan Pasir Sakti, Latim, Rabu (11/3/2020).

Dikatakan Aribun, dari bekas tambang pasir yang memiliki kedalaman maksimal, di sulap menjadi perikanan karamba apung. Sementara, yang kedalamannya sedang digunakan untuk budidaya dan lahan tambang yang hanya memiliki kedalaman sekitar 1 meter, dijadikan kawasan persawahan.

“Semua lahan kita manfaatkan untuk dapat kembali produktif. Lahan kita bagi petak-petak. Kalau yang memiliki bekas galian terlalu dalam kita jadikan lokasi karamba apung. Rencananya, akan kita buat juga lokasi wisata nantinya,” lanjutnya. (Doy)

 217 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60

Tinggalkan Balasan