Edukasi Budidaya Ikan, Aribun Bina Siswa PKL SMKN 1 Ketapang

  • Whatsapp

PASIR SAKTI – Edukasi terkait Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), terus diberikan pengusaha sukses asal Kecamatan Palas, Lampung Selatan (Lamsel) Aribun Sayunis.

Terbukti, Aribun selalu membuka ruang bagi program Praktek Kerja Lapangan (PKL) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di tempat usahanya.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Tahun ini, Aribun menerima program PKL dari SMK N 1 Ketapang, di lokasi budidaya ikan air tawar yang berada di Desa Rejomulyo, Kecamatan Pasir Sakti, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim).

Kepada para pelajar tersebut, Aribun memberikan edukasi mengenai pembuatan pakan ikan mandiri. Utamanya, untuk budidaya ikan patin dan nila.

“Mereka (Pelajar SMK, red) kami berikan pendidikan mengenai pembuatan pakan ikan mandiri. Ini merupakan materi prioritas yang kita sampaikan. Dari mulai teori hingga praktek pembuatan pakannya,” ujar Aribun, kepada wartawan, Senin (26/3/2020).

Menurut Aribun, pembuatan pakan ikan mandiri, dapat meminimalisir kos dalam usaha budidaya ikan.

“Hal tersebut sangat perlu dipelajari oleh masyarakat maupun pelajar SMK yang nantinya memiliki keinginan untuk terjun didunia perikanan,” lanjutnya.

Selain pembuatan pakan ikan mandiri, Aribun juga tak jarang memberikan edukasi mengenai penangkapan ikan hingga pemasaran.

“Kita upayakan, semua proses kita sampaikan kepada anak-anak yang PKL disini. Agar, setelah mereka selesai PKL, tinggal menguatkan niat untuk usaha bidang perikanan,” tukasnya. (Doy)

 413 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 728x90