Sambangi Tiap Rumah, Pemdes Buah Berak Bagikan Masker dan Galon Cuci Tangan

  • Whatsapp

KALIANDA – Langkah pencegahan terhadap penyebaran virus corona (Covid-19) terus dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Buah Berak, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel).

Siang tadi (21/4/2020), Pemdes Buah Berak telah mendistribusikan 2000 masker dan 450 galon pencuci tangan ke setiap rumah warga.

Bacaan Lainnya

Teknis pembagiannya, setiap satu rumah warga diberikan satu galon pencuci tangan, yang kemudian diletakan didepan rumah-rumah warga. Untuk masker, Pemdes Buah Berak membagikan setiap satu orang satu masker.

 

Kepala Desa Buah Berak, Yos Alwin Tias mengatakan, pembagian masker dan galon cuci tangan itu dilakukan oleh Pemdes bersama Satgas Penanggulangan Covid-19 desa setempat.

“Ya, kita bagikan secara menyeluruh kesetiap rumah warga dari empat dusun yang ada di Desa Buah Berak. Tetapi, untuk galon cuci tangan, dusun 4 belum dibagikan, karna barangnya masih dalam pesanan dan belum dikirimkan,” ujar Yos Alwin kepada media-baru.com petang tadi.

Kades yang juga aktif di organisasi kemasyarakatan ini menambahkan, pendistribusian alat pencegahan penyebaran covid-19 ini, agar dapat membiasakan masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Terlebih, hal tersebut juga sejalan dari arahan pemerintah pusat hingga daerah sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran corona virus disease.

“Harapannya, supaya masyarakat dapat membudayakan cuci tangan sebagai langkah mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu, masyarakat juga dapat lebih mengerti betapa pentingnya menerapkan PHBS di kehidupan sehari-sehari,” harapnya.

Yos Alwin juga berharap, dari gerakan bersama tim Satgas Covid-19 ini, seluruh masyarakat Desa Buah Berak dapat bekerjasama dan bahu membahu untuk mencegah penyebaran virus berbahaya itu.

“Sebab, pencegahan bukan merupakan tugas dari Satgas saja. Melainkan, juga tugas seluruh kalangan masyarakat. Semoga, situasi pandemi ini cepat selesai dan tanah kelahiran ini secepatnya dinyatakan aman dari virus, Amin,” tutupnya.

Berdasarkan pantauan, pembagian masker dan galon cuci tangan itu dilakukan seluruh jajaran Pemdes Buah Berak. Mulai dari aparatur desa hingga Kadus dan RT. Selain itu, mereka juga melibatkan para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat yang memiliki sifat relawan. (Doy)

 599 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini