Banjir Rob di Pesisir Lamsel, Diprediksi Bakal Terjadi Hingga Beberapa Hari Kedepan

  • Whatsapp

KALIANDA – Musibah banjir rob akibat ombak dan gelombang pasang masih terjadi di sepanjang pesisir pantai Kalianda, Pantai Elty Nirwana Resort, dan disepanjang Pantai Rajabasa Lampung Selatan (Lamsel).

Berdasarkan pantauan hingga hari ini (26/5/2020), di Pantai Elty Nirwana Resort Kalianda Resort, air laut naik sampai jalan raya yang sebanding dengan lutut orang dewasa.

Bacaan Lainnya

Sedangkan di sekitar pesisir Kalianda bawah, air laut naik ke bahu jalan dengan membawa material pasir, karang, dan sampah. Demikian juga di pantai Pantau Semukuk, Pantai Canti, hingga Pantai Kunjir, ombak besar masih nampak deras yang mengakibatkan air laut pasang naik ke jalan raya.

Petugas pemantau Gunung Anak Krakatau (GAK) di Desa Hargo Pancuran, Kecamatan Rajabasa, Andi Suhardi mengatakan, banjir rob yang terjadi tidak ada hubungannya dengan GAK .

“Untuk kondisi saat ini, yang paham dengan kondisi atau fenomena alam tersebut hanya pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG, red),” katanya saat dikonfirmasi wartawan siang tadi.

Sedangkan, Kepala BMKG Maritim Panjang, Andi Cahyadi, saat dikonfirmasi mengatakan bila dari penjelasan cuaca, diakuinya akhir-akhir ini memang wilayah perairan Barat Lampung gelombang laut lagi tinggi berkisar 2.5-4 meter hal ini diakibatkan efek Siklon Tropis Mangga yang terjadi beberapa hari kemarin.

“Selain itu, ombak pasang terjadi juga karena fase bulan baru yang pada beberapa kesempatan memicu kenaikan pasang. Dan hasil pantauan sensor pasut pasang mencapai 1.5 cukup tinggi. Sementara dari sudut wilayah harus ditinjau apakah wilayah tersebut berada di bawah permukaan laut. Kondisi gelombang tinggi masih berpotensi terjadi hingga tiga hari ke depan,” kata Andi (LP/Red)

 1,909 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini