Menghawatirkan, Jembatan Desa Legundi Nyaris Ambrol

  • Whatsapp

KETAPANG – Miris, demikian kata yang tepat menggambarkan kondisi Jembatan Way Sadar, yang terletak di Dusun V Taman Harapan, Desa Lagundi, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan (Lamsel).

Betapa tidak, jembatan yang menghubungkan dengan Desa Ruguk ini sudah tidak lagi dapat dilalui kendaraan roda empat. Bahkan, kendaraan speda motor yang hendak lewatpun perlu kehati-hatian yang sangat ekstra.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Sebab, jembatan itu sudah nyaris ambrol sehingga memutus akses jalan. Lantaran adanya inisiatif warga setempat, memasang papan untuk jalan sementara agar dapat dilewati sepeda motor.

Mewakili Kepala Desa Legundi, Mulkan, Kepala Dusun V Taman Harapan, Topik mengatakan, kondisi jembatan ini memang sudah selayaknya dibangun. Sebab, akses jalan tersebut juga merupakan akses perputaran ekonomi masyarakat.

Ia juga mengatakan, jalan dan jembatan rusak yang berada di Dusun V Desa Legundi merupakan aset milik daerah. Untuk itu, diharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamsel melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) setempat dapat meninjau kondisi jalan dan jembatan ini, Rabu (3/6/2020).

“Saya berharap Dinas PUPR dapat turun langsung untuk meninjau kondisi jembatan ini, untuk kemudian dapat dilakukan pembangunan. Soalnya, jalan ini juga setiap hari digunakan untuk anak-anak pergi ngaji,”ukar Topik kepada wartawan saat bersama-sama meninjau kondisi jembatan.

Ditempat yang sama, salah seorang petani yang melalui jembatan tersebut, Rohani (45) mengaku, kerusakan jembatan disebabkan kerap diterjang banjir. Lantaran kontruksi jembatan yang tidak lagi kokoh, jembatan itu rusak parah, meski beberapa tahun lalu sempat dilakukan berbaikan oleh warga secara swadaya.

“Bahkan, tadi pagi ada kendaraan roda dua salah satu warga yang sedang mengangkut atau membawa pisang jatuh ke kali karena melintasi jalan yang di pasang papan, untung warga tersebut tidak apa-apa, “ujar Rohani. (Amn)

 348 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60

Tinggalkan Balasan