Kali Ketiga, KJHLS Beri Edukasi ke Siswa TK

  • Whatsapp

SIDOMULYO – Sosialisasi dan edukasi penerapan new normal dilingkungan sekolah, terus digulirkan Komunitas Jurnalis Harian Lampung Selatan (Lamsel).

Kali ini, kegiatan dari sejumlah wartawan harian di Kabupaten Khagom Mufakat itu dihelat di TK Pelita Bangsa, Desa Sidodadi, Kecamatan Sidomulyo, Selasa (23/6/2020).

Bacaan Lainnya

Sosialisasi dan edukasi yang dikemas dalam program Satgas Jurnalis Lamsel ini, melibatkan sekitar 10 anak beserta orang tua dan 5 orang tenaga pendidik TK Pelita Bangsa. Dalam materi yang disampaikan, yaitu dimulai dari mengenal virus corona, bahaya virus corona, hingga langkah pencegahannya.

Sedikit berbeda dengan kegiatan sebelumnya, kali ini para jurnalis itu memberikan materi sembari bermain kepada anak-anak TK. Yaitu dengan dengan memberikan kegiatan mewarnai gambar ilustrasi virus corona.

Meski sedikit kualahan lantaran berhadapan langsung dengan anak-anak TK, namun dengan tekad yang tulus, para jurnalis itu akhirnya dapat melaksanakannya tanpa kendala apapun.

Setelah kegiatan sosialisasi selesai, para jurnalis itu kemudian memberikan piagam penghargaan kepada para anak didik TK Pelita Bangsa, sebagai Duta Covid-19 Tingkat PAUD di Kabupaten Lamsel.

Ketua KJHLS, Ma’i mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilakukan ke seluruh jenjang pendidikan. Dari tingkat PAUD hingga tingkat SMA sederajat.

“Hal ini mengingat pentingnya memberikan edukasi new normal di sektor pendidikan. Sebab, didalamnya terdapat generasi bangsa yang semestinya menjadi nilai prioritas untuk diselamatkan,” ujarnya.

Ma’i yang juga merupakan Kepala Biro Radar Tv itu menambahkan, edukasi yang diberikan kepada siswa fokus kepada perketatan protokol kesehatan.

“Untuk itu kita bimbing juga anak-anak untuk simulasi bagaimana menerapkan protokol kesehatan pada fase new normal dilingkungan sekolah. Diantaranya, sebelum masuk kelas harus mencuci tangan, cek suhu badan, mengatur jarak didalam kelas, menggunakan handsanitizer setelah memegang sesuatu dan lainya,” sambung Ma’i.

Sementara itu, Kepala TK Pelita Bangsa, Yulita Sari, S.Pd mengapresiasi kegiatan yang disampaikan KJHLS. Menurutnya, kegiatan tersebut dapat membantu pihak sekolah untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak TK untuk lebih taat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Selain itu, untuk gurunya juga dapat lebih memahami bagimana melaksanakan kegiatan belajar di era new normal. Semoga, dari kegaiatan ini semua siswa dapat menerapkannya disekolah maupun dirumah,” ujarnya.

Dari kesiapannya, Yulita mengaku TK Pelita Bangsa telah menyiapkan seluruh alat protokol kesehatan untuk menyambut penerapan new normal dilingkungan sekolah.

“Insya allah kami siap. Jika new normal akan diterapkan dilingkungan sekolah kita,” tukasnya. (Doy)