Dusun Rawa Kijing Harapkan Solusi Penyaluran Bantuan

  • Whatsapp

WAY LIMA – Ormas GML DPD Pesawaran kembali terjun ke masyarakat untuk melakukan advokasi dan menyerap aspirasi warga.

Kali ini, GML turun ke Dusun Rawa Kijing, Desa Sindang Garut, Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran, Minngu (28/6/2020).

Bacaan Lainnya

banner 300250

Dalam kegiatannya, Ketua GML DPD Pesawaran, Rudi Sapari AS mengunjungi rumah-rumah warga untuk mengadvokasi terkait penyaluran bantuan di desa setempat.

Alhasil, dalam giatnya tersebut, Rudi dan jajarannya menampung sejumlah aspirasi yang didominasi kurangnya pelayanan yang maksimal dari pemerintah.

Dalam penyaluran bantuan, baik BLT, PKH, BPNT dan yang lainnya, warga dituntut harus mengambil sendiri di kantor Pemerintahan Desa (Pemdes) Sindang Garut.

Sementara disisi lain, tidak sedikit masyarakat Desa Sindang Garut yang tinggal di dusun terisolir, jauh dari desa induk. Mereka, harus melewati jalanan yang terjal dan ekstream untuk dapat menerima bantuan itu. Baik Lansia maupun ibu rumah tangga lainnya.

Saat mengunjungi sebuah rumah yang berada di samping jembatan sungai penghubung jalan menuju Desa Ambarawa, GML menemui salah seorang Lansia, Sudinah (65) yang tinggal bersana anak cucunya.

Nenek Sudinah mengaku, dirinya mendapatkan bantuan BPNT dari pemerintah. Namun, setiap kali penyaluran bantuan itu dilakukan, ia harus berangkat sendiri ke desa induk yang lokasinya terbilang jauh.

“Kami berharap, penyaluran bantuan itu bisa lewat e-warung. Agar kita bisa lebih dekat untuk menerima bantuan tersebut,” kata Nenek Sudinah kepada Ketua GML Pesawaran, Rudi Sapari.

Menyikapi hal itu, Rudi menegaskan, semestinya pihak Pemdes Sindang Garut memiliki solusi untuk meminimalisir resiko warga, yang terbilang memiliki jarak yang jauh dari akses pemerintahan.

“Bisa dikolekifkan oleh pengurus PKH yang disalurkan agen resmi. Agar, masyarakat dapat lebih dekat untuk mengambil bantuan itu. Selain itu, juga dapat meminimalisir resiko warga,” Katanya.

Untuk itu, GML akan berupaya untuk menjalin koordinasi dan sinergitas bersama Pemdes Sindang Garut untuk merealisasikan harapan warga Dusun Rawa Kijing. “Secepatnya akan kita tindaklanjuti, koordinasi dengan Kades Sindang Garut,” Tukasnya.

Untuk diketahui, terdapat sekitar 100 kepala keluarga (kk) yang tinggal di Dusun Rawa Kijing. Setengahnya, merupakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bntuan sosial pemerintahan. Sayangnya, lokasi dusun ini berada sangat jauh dari deda induk. Dusun ini, seolah terisolir dan berada di tengah-tengah sawah. (Ryn)

 269 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60

Tinggalkan Balasan