Komite 1 DPD RI Tetap Tolak Pilkada Serentak 2020

  • Whatsapp

JAKARTA – Komite I DPD RI mengeluarkan pernyataan sikap tetap menolak rencana penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan tanggal 9 September 2020.

Hal ini terkuak didalam Rapat Kerja Komite I DPD RI dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI yang dilaksanakan di komplek senayan pada hari Senin, 29/6/2020. Melalui penjelasan komprehensif dari KPU RI dan Bawaslu RI jelaslah bahwa pelaksanaan Pilkada Serentak lanjutan tetap akan digelar dimasa Pandemi yakni 9 Desember 2020, meskipun akan terkesan dipaksakan.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Sesuai dengan rilis yang diterima meja redaksi, pada Rapat Kerja Komite I tersebut dihasilkan tiga poin kesepakatan yang tertuang dalam kesimpulan bersama, diantaranya :

1. Komite I DPD RI sepakat dengan KPU RI dan Bawaslu RI bahwa penyelenggaraan Pilkada Serentak lanjutan harus memperhatikan tingkat kerawanan Daerah sebagai dampak dari Pandemi Covid19;
2. Komite I DPD RI sepakat dengan KPU RI dan Bawaslu RI bahwa keberlanjutan Pelaksanaan Pilkada Serentak lanjutan harus mempertimbangkan aspek keselamatan dan kesehatan masyarakat diatas kepentingan apapun;
3. Komite I tetap menyatakan sikap menolak atas pelaksanaan Pilkada Serentak lanjutan yang akan dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020 dan mengusulkan Pilkada lanjutan dilaksanakan pada tahun 2021, dengan mempertimbangkan resiko Pandemi Covid-19 dan efisiensi anggaran serta demi tercapainya Pilkada yang Jurdil dan berkualitas.

“Pada prinsipnya Komite I DPD RI menolak penyelenggaraan Pilkada Serentak tanggal 9 Desember 2020 dan lebih condong mengusulkan Pilkada Lanjutan pada tahun 2021. Mengutip Perppu Nomor 2 Tahun 2020 Pasal 201A ayat (3) yang menyatakan bahwa apabila pemungutan suara serentak tidak bisa dilaksanakan pada bulan Desember 2020, pemungutan suara serentak ditunda dan dijadwalkan kembali setelah bencana non-alam.” Jelas Ketua Komite I, Agus Teras Narang.

Rapat Kerja Komite I tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komite I dihadiri oleh sejumlah anggota Komite I DPD RI, sedangkan dari pihak KPU RI dihadiri oleh Arief Budiman selaku ketua di dampingi anggota KPU, dan dari Bawaslu RI dihadiri oleh Abhan selaku ketua didampingi anggota Bawaslu. (Rls/adi/han)

 136 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60

Tinggalkan Balasan