BKSAP DPR Dorong Indonesia Tolak Israel Aneksasi Palestina

  • Whatsapp

JAKARTA – Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI mendorong pemerintah Indonesia agar menyatakan sikap resmi menolak rencana aneksasi Israel ke wilayah Palestina.

Dalam pertemuan yang di inisiasi BKSAP DPR RI dan mengundang Kemenlu RI juga Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia, bertempat di komplek senayan gedung DPR RI Rabu siang tadi, 1/7/2020.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Berdasarkan isi rilis yang diterima dapur redaksi, isu krusial tentang aneksasi Israel atas wilayah Palestina begitu menarik untuk disikapi mengingat Indonesia adalah negara dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia, disamping itu rencana aneksasi jelas melanggar hukum internasional dan dapat diterjemahkan bahwa Israel sengaja melawan Dewan Keamanan PBB.

Dirjen Kerja Sama Multilateral Kemenlu RI Febrian A. Ruddyard yang hadir mewakili Menteri Luar Negeri menyampaikan bahwa dalam pertemuan terakhir dewan keamanan PBB isu aneksasi sudah disampaikan di forum. “isu aneksasi ini melanggar hukum internasional, menentang secara langsung dewan keamanan PBB juga akan mempengaruhi stabilitas timur tengah ditengah proses perdamaian Palestina – Israel,” terang Febrian.

Senada dengan Kemenlu RI, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Dr. Zuhair Al-Shun menerangkan bahwa rencana aneksasi sudah di desain secara terstruktur sejak tahun 60 an hingga hari ini, jadi bukan hal baru bagi rakyat Palestina. 30% wilayah Palestina termasuk lembah Jordan akan dicaplok Israel melalui aneksasi yang mana batas wilayah Israel – Palestina akan berubah menjadi Israel – Jordan. “Namun diinternal Israel bahkan mantan militer Israel sendiri terbelah dan menolak rencana aneksasi tersebut,” jelas Zuhair.

Anggota BKSAP dari fraksi PKS Mardani Ali Sera mengusulkan langkah kongkrit pemerintah dalam membantu perjuangan rakyat Palestina, menurut Mardani selain dukungan melalui gerakan multilateral perlu dibentuk unit kerja khusus yang mengurusi isu aneksasi ini sehingga rentetan dukungan bisa lebih intens dan hasilnya terukur. “salah satu janji kampanye pak Jokowi adalah membantu memerdekakan Palestina.” tutup Mardani. (Rls/adi/han)

 178 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60