Demo DPRD, GMBI Pesawaran Tolak RUU HIP

  • Whatsapp

 

 

Bacaan Lainnya

GEDONG TATAAN – LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Pesawaran menggelar aksi damai di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Pesawaran, Kamis (2/07/2020).

 

Dalam orasinya, LSM GMBI mendesak pihak DPRD Pesawaran untuk turut serta menolak penetapan RUU HIP. Sebab bagi GMBI, Pancasila adalah ideologi final tanpa ada tawar menawar.

 

Abdul Manaf, Selaku Ketua LSM GMBI mengatakan keputusan DPR dalam menetapkan RUU HIP sangatlah tidak tepat. Sebab, saat ini pemerintah itu seharusnya lebih memperhatikan keadaan rakyatnya. Mengingat, saat ini negara sedang menghadapi masa Pandemi Covid-19.

 

“Dengan adanya RUU HIP ini, sama saja dengan mengkerdilkan kewibawaan dan martabat Pancasila yang telah memiliki kedudukan dan pungsi yang kuat sebagai dasar negara kita,” pekikya dalam orasi.

 

Menurut Manaf, RUU HIP menyulut kontroversi, karena tidak menyertakan Tap MPRS mengenai pembubaran PKI dalam konsideran. Mengingat, di Draf RUU tersebut, pemerintah telah meminta pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila di tunda, pemerintah ingin DPR memperbanyak dialog dengan semua elemen.

 

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, Faisalludin dan Ketua Komisi I, Yusak saat menerima perwakilan dari LSM GMBI menyampaikan, mereka sangat mendukung atas pernyataan sikap dari GMBI.

 

Para wakil rakyat ini berjanji, akan meneruskan ke DPR RI apa yang menjadi tuntutan dari LSM GMBI terkait RUU HIP. (Ryn)

 668 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini