Lanjut di Bakauheni, Pelatihan UMKM Perindo Libatkan 5 Desa

  • Whatsapp

BAKAUHENI – Pelatihan pengembangan kapasitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), oleh Kartini Perindo Lampung Selatan (Lamsel) berlanjut ke Kecamatan Bakauheni.

Kali ini, dalam pelatihan produksi sabun antiseptik tersebut melibatkan kaum ibu-ibu dari 5 desa di kecamatan setempat. Masing-masing, yakni Desa Bakauheni, Kelawi, Hatta, Totoharjo dan Desa Semanak, Minggu (5/7/2020).

Bacaan Lainnya

banner 300250

Selain memberikan pelatihan pembuatan sabun antiseptik, gerakan ibu-ibu kartini Perindo itu juga dibagi ikan patin segar. Masing-masing peserta diberikan 2 kilogram usai kegiatan rampung.

Pelatihan UMKM kali ini, Ketua Kartini Perindo Lamsel, Hj. Dariati Aribun didampingi Ketua DPD Perindo Lamsel, Aribun Sayunis dan Anggota DPRD dari dapil setempat, Deden Alindo.

Ketua Kartini Perindo Lamsel, Hj. Dariati Aribun mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah untuk menuju Lampung Selatan Sehat, Cerdas dan Sejahtera.

“Sehat dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Cerdas dengan mengkonsumsi kandungan omega 3 dari ikan patin dan sejahtera dengan adanya lapangan kerja yang bakal menambah pengahasilan,”terang Hj. Dariati Aribun.

Dikatakannya, kegiatan semacam itu bakal terus dilakukan hingga merata ke 17 kecamatan di Lamsel. Agar, masyarakat dapat memahami akan pentingnya memiliki ketrampilan usaha.

“Ya, segimana mungkin kita upayakan merata ke 17 Kecamatan. Bukan hanya memberikan pelatihan membuat sabun saja, tapi juga kita arahkan bagaimana untuk memasarkan hasil produksi UMKM ini,” Imbuh ibu tiga anak itu.

Dalam kegiatan tersebut, Dariati yang juga didampingi suaminya Ketua DPD Perindo Lamsel H Aribun Sayunis berharap, masyarakat Lamsel dapat memiliki ketrampilan untuk dapat menambah penghasilan. Hal ini juga sebagai upaya untuk menekan angka pengangguran di Lamsel.

“Yang tidak memiliki kesibukan sebagai profesi, bisa memiliki ketrampilan. Supaya kedepan dapat membantu suami untuk mendapat penghasilan. Harapannya, upaya ini dapat membangun ekonomi masyarakat melalui UMKM,” Tutupnya.

Disisi lain, pergerakan Tim Sahabat Aribun Sayunis terus menggeliat ke desa-desa. Mereka menyambangi setiap rumah warga untuk membagikan sabun antiseptik hasil produksi UMKM Kartini Perindo.

Untuk diketahui, Tim Sahabat Aribun Sayunis sejak lima bulan lalu selama pandemi covid-19 telah melakukan sejumlah rangkaian aksi sosial di semua kecamatan yang ada di Lamsel.

Mulai dari membagikan sabun antiseptik hasil produksi UMKM Partai Perindo, masker, ikan patin hasil panen budidaya ikan, kemudian beras yang juga merupakan hasil panen lahan sawah miliknya. Bahkan, hingga mengerahkan Kartini Perindo untuk memberikan pembinaan dan pelatihan kepada para perempuan dalam bidang produksi sabun.

Tak hanya itu, sebagian Tim Sahabat Aribun juga rutin melakukan fogging fokus di desa-desa yang utamamya merupakan wilayah pandemi Demam Berdarah Dengue (DBD). Tim menyisir seluruh saluran air disetiap rumah warga. (Doy)

 94 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60

Tinggalkan Balasan