Mantul! Kecamatan Penengahan Berhasil ODF

  • Whatsapp

PENENGAHAN – Permasalahan Open Defection Free (ODF) atau terbebas buang air besar di wilayah Kecamatan Penengahan memasuki tahapan finalisasi (selesai/ red.), terang Camat Penengahan Erdiyansyah di ruang kerjanya, Rabu sore (8/7/2020).

Erdi menjelaskan bahwa salah satu langkah keberhasilan dalam mewujudkan wilayah naungannya bebas dari ODF 100% ialah melakukan program ‘jambanisasi’ ke seluruh desa-desa di wilayah Penengahan.

Bacaan Lainnya

“Bebas ODF bukan hanya sekedar tentang perilaku warga untuk tidak buang air besar sembarangan, akan tetapi warga juga memiliki jamban yang sehat,” tukas Erdi.

Kemudian ia melanjutkan, bahwa jamban yang dibangun baik komunal maupun personal harus masuk kriteria sehat yaitu pembuangannya mengalir ke septic tank. Selain daripada itu, dalam pembuatan septic tank harus memperhatikan jarak minimal yakni 10 meter dari lokasi sumber air agar tidak terjadi pencemaran lingkungan.

Keberhasilan program bebas ODF dicapai berkat sinergitas kinerja Kecamatan Penengahan dengan seluruh Pemerintahan Desa yang ada di wilayah Kecamatan Penengahan, dan
Program bebas ODF sendiri merupakan penterjemahan dari Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.(han)

 740 kali dilihat,  6 kali dilihat hari ini