Anggota MPR RI Awang Ferdian Gelar Sosialisasi 4 Pilar

  • Whatsapp

SAMARINDA – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Awang Ferdian Hidayat, menyelenggarakan kegiatan sosialisasi 4 pilar bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), di Kota Samarinda (24/6)2020).

“Sesuai UU No.17 Tahun 2014, setiap anggota MPR memiliki kewajiban mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI,ā€ kata Awang Ferdian membuka acara tersebut.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan empat pilar kebangsaan meliputi Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika. ā€œdengan memaknai dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar, menjadi pondasi bangsa untuk menghadapi berbagai tantangan baik dari dalam dan luar,ā€ ucapnya.

Di hadapan peserta sosialisasi, Awang Ferdian menjelaskan satu demi satu pilar kebangsaan. Pilar pertama yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara, pilar kedua adalah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara. Pilar ketiga menjelaskan bentuk negara yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berbentuk Republik. Dan Pilar keempat yaitu Bhinneka Tunggal Ika menjadi Semboyan Negara Republik Indonesia. Berbeda-beda tetapi satu jua, dinilai relevan dengan keperluan strategis Bangsa Indonesia. Walaupun Indonesia terdiri dari banyak suku, agama, ras, budaya, adat, dan bahasa, namun tetap satu kesatuan sebangsa dan setanah air.

Acara Sosialisasi Empat Pilar tersebut dihadiri oleh peserta dari berbagai elemen masyarakat berjumlah lebih dari 100 orang, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (Han)

 622 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini