Gelar Musdes Perencanaan, Pulau Jaya Dari Tertinggal Jadi Berkembang

  • Whatsapp

PALAS – Desa Pulau Jaya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan menyelenggarakan Musyawarah Desa (musdes) Perancanaan Tahun 2021 dihadiri Forkopimca Palas, Selasa pagi (14/7/2020).

Gelaran musdes perdana di Kecamatan Palas ini dibuka langsung oleh Camat Palas Rikawati, Rika biasa dipanggil menjelaskan kepada media-baru.com bahwa musdes sudah teragendakan di 21 desa dan dilaksanakan bulan ini demi efisiensi ketimbang dilaksanakan akhir tahun, ” saya berharap para kepala desa dalam menyusun program tahun 2021 mengacu kepada program Kemendes dalam mengalokasikan pagu anggaran, serta menyerap aspirasi masyarakat terkait bidang pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan, pembinaan dan penanggulangan bencana. Program-program tahun 2020 yang belum terlaksana karena terkendala bencana covid-19 agar diprogram ulang kedalam program prioritas tahun 2021,” ucap Rika.

Bacaan Lainnya

Rika menambahkan agar supaya program yang disusun difokuskan pada sektor ketahanan pangan, pembangunan desa dan padat karya tunai agar bisa langsung dirasakan masyarakat menyesuaikan indeks pembangunan desa setempat, “karena mSemang desa Pulau ini sudah beranjak dari desa tertinggal menjadi desa berkembang,” pungkas Rika.

Senada dengan hal itu, Kepala Desa Pulau Jaya Roliyah menyatakan siap menterjemahkan himbauan Rikawati tersebut kedalam program prioritas desa tahun depan, “saya masih fokus pada pembangunan fisik yang belum sempat terealisasi di tahun 2020 akan diprioritaskan pada tahun 2021, selain pada itu juga program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dicantumkan dalam RKP sebagai penjabaran RPJM desa,” ujar Roliyah.

Sebagaimana diketahui, sesuai UU No.6 Tahun 2014 dan Permendagri No.114 Tahun 2014 bahwa program desa terwujud dalam RKP dan RPJM desa yang substansinya mengacu pada RPJM Kabupaten Lamsel. (Han)

 1,017 kali dilihat,  8 kali dilihat hari ini