Kades Bumirestu Mengundurkan Diri?

  • Whatsapp

PALAS – Santer terdengar kabar Kepala Desa Bumirestu, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, Sukiman mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala Desa (Kades).

Bak disambar petir di siang hari, kabar ini menjadi kejutan ditengah masyarakat. Mengingat, Kades Bumirestu Sukiman belum genap dua tahun dalam menjalankan roda pemerintahan di desa tersebut.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Media-baru.com mencoba menelusuri kabar sumir ini dengan melakukan konfirmasi ke Sekretaris Desa Bumirestu Juli perihal kebenaran kabar tersebut, “memang iya sudah kami naikan artinya pak Kades sudah membuat surat ke bu Camat, namun pihak Camat masih dalam tahap mediasi artinya belum keputusan final dan tentunya dalam hal ini pak Kades masih menjabat dan hal ini belum final karena belum ada SK dari pak Bupati,” jelas Juli di kediamannya, Senin malam (13/7/2020).

Juli menambahkan bahwa ia berharap pemerintahan desa yang sekarang ini masih bisa dilanjutkan, “harapannya kedepan kami masih bisa bergabung dengan pak Kades dan melanjutkan membangun pemerintahan lebih baik lagi,” imbuh Juli.

Tak berhenti disitu, saat media ini mencoba mengkonfirmasi Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bumirestu,  Bambang Hariyanto justru belum mengetahui kabar mengejutkan itu.

“saya pribadi selaku ketua BPD belum tahu dan belum menerima pernyataan resmi dari Kades atau pemerintah desa terkait pengunduran diri dari Kades Bumirestu. Sampai detik ini kami belum mengetahui secara riil bahwa Kades akan mengundurkan diri,” Kata Bambang.

Bambang menambahkan, jika hal itu betul-betul terjadi, maka BPD akan mengambil langkah-langkah sesuai prosedur, “agar pemerintahan Bumirestu berjalan sesuai koridor yang ada dan kami upayakan secepatnya menindaklanjuti hal tersebut agat tidak terjadi kekosongan,” jelasnya lagi.

Sayangnya, hingga berita ini diterbitkan  Kades Bumirestu, Sukiman belum berhasil dikonfirmasi. Saat media-baru.com hendak mendatangi kediamannya, yang bersangkutan sedang tidak berada ditempat.

Begitu juga saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp, meski terkirim namun hingga saat ini belum mendapat balasan.

Sesuai UU No.6 Tahun 2014 Tentang Desa, PP No.43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU tersebut dan Permendagri No.82 Tahun 2015 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa. Kepala Desa yang berhenti karena mengundurkan diri maka BPD melaporkan kepada Bupati melalui Camat. Dalam hal ini, jika sisa masa jabatan kepala desa lebih dari 1 tahun maka Bupati mengangkat PNS dari Pemkab sebagai Penjabat Kepala Desa sampai dengan ditetapkannya Kepala Desa melalui musyawarah desa. (Han)

 904 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60

Tinggalkan Balasan