Bumi Asri Gelar Musrenbangdes, BLT DD Belum Cair.

  • Whatsapp

PALAS – Pemerintah Desa Bumi Asri Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), Rabu pagi (15/7/2020).

Musrenbangdes yang dihadiri unsur Forkopimcam dibuka langsung oleh Camat Palas Rika Wati, dalam pidato pembuka Rika menegaskan bahwa, “program yang disusun oleh para Kepala Desa harus fokus pada sektor ketahanan pangan, digitalisasi desa dan pengembangan desa terutama padat karya tunai desa yang langsung terasa oleh masyarakat,” terangnya.

Bacaan Lainnya

Ia menambahkan, program desa yang disusun untuk tahun anggaran 2021 agar mengacu kepada program Menteri Desa dan Peraturan Bupati lamsel, meskipun hingga saat ini Perbup tersebut masih dalam tahap rancangan. “Musrenbangdes di Kecamatan Palas tahun ini dilaksanankan diawal tahun agar tepat waktu dan tepat program, dan untuk pagu anggaran masih mengacu tahun lalu,” tukasnya.

Rika juga menghimbau agar Pemerintah Desa Bumi Asri menganggarkan untuk penanganan stunting, meskipun Bumi Asri tidak menjadi lokus penanganan stunting, supaya tidak ada lagi kasus stunting di Lamsel.

Pada kesempatan ini, Rika juga menjelaskan bahwa pencairan dana BLT DD Kecamatan Palas tahap 2, baru emat desa di wilayah barat meliputi Bumi Restu, Bumi Daya, Tanjung Jaya dan Bumi Asih yang menginduk ke Bank BRI Unit Way Panji.

Kepala Desa Bumi Asri Marsono, mengatakan kepada media-baru.com,
“Fokus RKP Desa Bumi Asri Tahun Anggaran 2021 yakni melanjutkan pembangunan jalan, posyandu, dan rehab puskesdes yang sempat tertunda, penguatan ketahanan pangan dan insentif kader posyandu per tri wulan, termasuk penganggaran program stunting.” jelasnya.

Marsono juga menyebutkan, bahwa BLT DD Bumi Asri tahap 2 belum terealisasi karena terkendala di perbankan, “kendala di NIK belum online, klo NIK ganda tidak ada, nunggu dua tiga hari ini kabar dari Bank BRI Unit Palas,” pungkasnya.

Seperti yang diketahui, sesuai UU No.6 Tahun 2014 dan Permendagri No.114 Tahun 2014 bahwa program desa terwujud dalam RKP dan RPJM desa yang substansinya mengacu pada RPJM Kabupaten Lamsel. (Han)

 694 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini