Keliling Lagi, Kartini Perindo Beri Pelatihan UMKM di Tanjung Sari

  • Whatsapp

TANJUNG SARI – Ketua Kartini Perindo Lampung Selatan (Lamsel) Hj. Dariati Aribun Sayunis terus berkeliling desa, melakukan pembinaan ketrampilan UMKM kepada kaum ibu-ibu di Kabupaten Khagom Mufakat itu.

Hari ini, (20/7/2020), Kartini bersama Ketua DPD Perindo Lamsel, H Aribun Sayunis mengunjungi Kecamatan Tanjung Sari, untuk melakukan pelatihan UMKM dengan melibatkan perwakilan para kartini di 8 desa di kecamatan tersebut.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Yakni Desa Wonodadi, Kertosari, Mulyosari, Purwodadi, Sidomukti , Malangsari, Wawasan dan Desa Bangunsari. Pelatihan mengenai pembuatan sabun antiseptik itu dipusatkan di Desa Bangun Sari.

Ketua Kartini Perindo Lamsel, Hj. Dariati Aribun mengatakan, pelatihan pengembangan UMKM ini bakal ditargetkan kesemua ibu-ibu yang ada di Lamsel. Sehingga, semua kalangan kartini dapat memiliki ketrampilan untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui UMKM.

“Setiap kali pelatihan, sengaja kita ambil perkecamatan dengan melibatkan 3-4 ibu-ibu perdesanya. Tapi, bukan hanya sampai disini saja, nantinya akan kita lakukan terus menerus hingga merata. Agar semua ibu-ibu dapat mendapatkan pelatihan ini,” Ujarnya.

Terlebih, dalam pelatihan produksi sabun itu, bahan baku yang dibutuhkan di suplay dari Kartini, sebagai modal awal untuk operasional UMKM di desa. Bahkan, ia berjanji, selama masa pandemi hal tersebut tidak akan berhenti.

“Bahan baku dari kita (Kartini, red), selama masa pandemi akan kita suplay terus, sehingga semua ibu-ibu mendapatkan pelatihannya. Bahkan, setelah pelatihan selesai, hasil dari produksi sabun itu dibawa pulanh oleh peserta. Masing-masing 5 sampai 10 botol perorang,” lanjutnya.

Ibu dari tiga anak ini juga mengungkapkan, sesuai dengan arahan Ketua Umum Kartini Perindo, bahwa pelatihan UMKM bukan hanya seputaran produksi sabun. Rencananya, Kartini Perindo juga akan melatih ibu-ibu untuk pengolahan ikan.

“Ketua umumnya adalah istrinya Ketua APCI pusat. Dalam programnya, terdapat pelatihan 30 jenis pengolahan ikan untuk pengembangan UMKM,” Tambahnya.

Tak hanya itu, Kartini juga melakukan pembinaan kepada kaum hawa tersebut terkait pemasaran hasil produksi UMKM. Sehingga diharapkan, dari pelatihan dan pembinaan ini dapat selalu dirasakan manfaatnya untuk masyarakat Lamsel.

“Hal ini juga dalam rangka menuju Lampung Selatan sehat, cerdas dan sejahtera. Semoga, pelatihan ini dapat diterima dan dirasakan manfaatnya untuk para ibu rumah tangga di Lamsel,” Harapnya.

Seperti diketahui, pelatihan UMKM ini dilakukan secara terus-menerus oleh Kartini Perindo Lamsel. Sejak dua bulan lalu, Kartini bergerilya memberikan pembinaan ke desa-desa. (Doy)

 140 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60

Tinggalkan Balasan