Komite 2 DPD RI Tinjau Tambak Udang di Cilacap

  • Whatsapp

CILACAP – Komite II Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) meninjau lokasi tambak udang vaname di Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (12/9/2020).

Kunjungan tersebut merupakan wujud program kemitraan advokasi dan sesuai undangan dari Kelompok Pendamping budidaya udang vaname.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Sesuai rilis yang diterima meja redaksi, Wakil Ketua Komite II DPD RI Hasan Basri, berkesempatan langsung memimpin pertemuan juga didampingi Anggota Komite II DPD RI Angelius Wake Kako.

“Kami menemukan kondisi di lapangan, banyak tambak yang tebengkalai,¬† khususnya tambak udang vaname. Hal ini¬†merupakan dampak pandemi Covid-19, yang berimbas kepada produktifitas petambak,” sebut Hasan Basri.

Dalam sesi dialog dengan petambak, didapatkan informasi bahwa harga udang vaname sudah mulai perlahan naik. Harga saat ini tidak lagi di bawah 50 ribu/kg. Sementara untuk tambak yang 2500 meter membutuhkan biaya 65 juta sampai panen dengan hasil sekitar 1,5 ton hingga 1,8 ton setahun.

HB begitu sapaan akrab Hasan Basri, mengatakan bahwa saat ini perlu ada sentuhan kepada nelayan seperti bantuan bibit dan pakan. Selain itu juga perlu dilengkapi fasilitas lainnya seperti kincir untuk peningkatan produksi petani tambak di Kabupaten Cilacap.

“Petambak udang vaname perlu diberi sentuhan oleh pemerintah. Misalkan dalam bentuk bantuan bibit, pakan dan perlengkapan lain seperti kincir,” urai Senator dari Kalimantan Utara itu.

Komite II DPD RI sendiri, secara kelembagaan akan menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Kelompok Pendamping Budidaya Udang Vaname ke kementerian yang menjadi mitra kerja. Salah satunya Dirjen Pembudidayaan Kementerian Kelautan dan Perikanan. (rls/adi/han)

 160 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60