Bapaslon Menggugat, Bawaslu Siap Proses !

  • Whatsapp

KALIANDA – Koordinator Hukum Data dan Informasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Wazzaki, menyebut bahwa Bawaslu secara teknis dan aturan siap memproses sengketa pilkada di kabupaten setempat.

Hal ini terungkap paska diterbitkannya Surat Keputusan (SK) KPU Lamsel nomor 60/HK.03.1-Kpt/1801/KPU-Kab/IX/2020 tanggal 23 September 2020, yang isinya tidak menetapkan Bakal Pasangan Calon H.Hipni dan Hj.Melin Haryati Wijaya ,SE.,MM karena Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lampung Selatan.

Bacaan Lainnya

banner 300250

“Jika ada yang ingin sengketa, sudah kita siapkan baik secara teknis maupun aturan mengacu Perbawaslu No. 2 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota,” ujar Wazzaki ketika ditemui di kantor Bawaslu, Kamis siang (24/9/2020).

Menanggapi santernya berita pendaftaran gugatan sengketa oleh salah satu tim Bapaslon, Zaki memaparkan bahwasannya pembukaan pendaftaran sengketa pilkada adalah 3 hari kerja terhitung setelah diterbitkannya SK penetapan pasangan calon oleh KPU Lamsel yang menjadi dasar gugatan sengketa Pilkada.

“Diputuskan (SK KPU) hari Rabu maka pendaftaran dibuka hari Kamis, Jumat, Sabtu Minggu hari libur, jadi sampai Senin depan jam 00.00 WIB,” ucap Zaki merinci.

Ia melanjutkan, setelah gugatan sengketa Pilkada secara resmi didaftarkan barulah Bawaslu akan membentuk tim majelis dan menunjuk ketua tim majelis yang akan memimpin jalannya tahapan penyelesaian sengketa Pilkada.

“Semua Anggota Bawaslu berpotensi untuk menjadi ketua tim majelis,” kata Zaki diplomatis.

Di akhir pembicaraan, Zaki menghimbau, tidak perlu ada pengerahan massa Bapaslon dan juga bagi yang tidak berkepentingan untuk tidak hadir ke Bawaslu, dikarenakan nantinya setiap proses tahapan pengelesaian sengketa Pilkada akan di siarkan langsung melalui akun resmi Instagram dan Facebook Bawaslu Lamsel. (han)

 202 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60