Hadiri Begawi di Pubian, Tokoh Adat Do’akan Musa Ahmad Jadi Bupati

  • Whatsapp

PUBIAN – Calon Bupati nomor urut 2 Musa Ahmad menghadiri acara begawi di Kampung Gunung Haji, Kelurahan Gunung Haji, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Sabtu (24/10/2020).

Di hadapan ribuan masyarakat adat Pubian dan warga sekitar yang turut hadir pada perhelatan acara Begawi, calon Bupati Lamteng itu mengingatkan pentingnya melestarikan tradisi dan adat istiadat ditengah pesatnya perkembangan zaman.

Bacaan Lainnya

banner 300250

“Jangan malu untuk memperlihatkan adat istiadat kita kepada dunia luar. Kita lah yang menjaga adat istiadat sampai kapan pun, hingga turun-temurun ke anak cucu kita,” ucap Musa Ahmad dalam sambutannya.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat juga kalangan muda adat Lampung, untuk tak malu apalagi takut memperlihatkan adat istiadat Lampung yang sarat akan nilai-nilai luhur.

“Kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan merawat adat istiadat Lampung. Khusunya anak-anak muda, jangan malu dan jangan merasa kecil hati untuk menunjukan budaya Lampung ini,” kata calon Bupati yang berpasangan dengah Ardito Wijaya itu.

Musa Ahmad, sosok dengan gelar adat Pangiran Cahya Negara dari Terbanggi Besar menjelaskan, budaya Lampung merupakan salah satu kebudayaan yang maju di Indonesia.

“Dari ribuan suku dan adat di Indonesia, Lampung salah satu yang memiliki aksara (huruf). Hanya sedikit suku bangsa yang memiliki aksara sendiri, dan Lampung salah satunya,” jelas Musa Ahmad.

Ditengah para tokoh adat Marga Pubian, Musa Ahmad sempat meneteskan air mata haru atas sambutan hangat dan kesempatan bersilaturahmi di acara Begawi.

Pada kesempatan itu, Sutan Ratu Sembahan Migo memberikan do’a restu kepada Musa Ahmad untuk maju pada kontestasi pemilihan Bupati Lampung Tengah periode 2021-2026.

“Pangiran Cahya Negara ini adalah saudara kita yang harus kita menangkan menjadi pemimpin (Bupati) Lamteng. Mari, kita berikan dukungan dan menjadikan beliau Bupati Lamteng 9 Desember mendatang,” seru Sutan Ratu Sembahan Migo.

Di penghujung acata, Sutan Ratu Sembahan Migo juga menitipkan harapannya, “jika nanti diberikan amanah memimpin Lamteng, Musa Ahmad dapat mempersatukan seluruh anak bangsa, suku, dan adat istiadat yang ada di Kabupaten Lampung Tengah.” (ris/red)

 182 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 468x60