Dugaan Pelanggaran Paslon Nomor 3 ! Bawaslu Lamteng Rekomendasikan Diusut Kepolisian

  • Whatsapp

LAMPUNG TENGAH – Laporan yang dilayangkan Relawan Gasak terhadap pasangan calon (paslon) nomor urut 03 Nessy Kalvia-Imam Suhadi, kepada Bawaslu Lampung Tengah (Lamteng) memasuki babak baru.

Bawaslu Lamteng akhirnya meneruskan kasus dugaan tindak pidana Pemilu tersebut ke Kepolisian agar dilakukan penyelidikan, Selasa (24/11/2020).

Bacaan Lainnya

banner 300250

Hal itu terbukti, dengan adanya surat pemberitahuan status laporan yang ditujukan kepada pihak pelapor yakni Relawan Gasak, merunut surat laporan Nomor No.02/LP/PB/Kab/08.05/XI/2020.

Ketua Bawaslu Lamteng Harmono menerangkan, dugaan pelanggaran itu melibatkan istri salah satu kerabat Nessy Kalvia Mustafa bernama Sarah, saat menghadiri acara resepsi di Kampung Kusumadadi, Kecamatan Bekri, Lamteng.

”Dugaan pelanggaran tindak pidana Pemilu yang melibatkan kerabat dari paslon nomor urut 03 yakni atas nama Sarah,” terang Harmono.

Harmono melanjutkan, setelah dilakukan seluruh rangkaian proses pembahasan tingkat II oleh Sentra Gakkumdu kemudian dinyatakan memenuhi unsur formil dan materil.

”Bawaslu Kabupaten Lampung Tengah, resmi meneruskan temuan dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu money politic yang terjadi pada saat resepsi acara di Kampung Kusumadadi,” imbuh Harmono.

Setelah melalui berbagai proses tahapan selama 14 hari dan sudah dalam upaya pengungkapan dugaan money politic di Sentra Gakkumdu.

”Jumlah saksi yang kami serahkan ke pihak Polres Lampung Tengah berjumlah kurang lebih 6 orang, Kami berharap pihak polres segera menindak lanjuti proses ini ke tingkat penyidikan, mengingat waktu yang terbatas juga dimiliki oleh teman-teman penyidik,” harap Harmono.

Harmono pun menambahkan, sangkaan Pasal yang dikenakan, yakni Pasal 73 UU No.10 Tahun 2016 ayat 1 dan 2.

”Terkait larangan menjanjikan dan/atau memberikan uang atau materi lainnya untuk mempengaruhi penyelenggara pemilih dan/atau pemilih ” pungkas Harmono. (ris/red)

 226 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 728x90