Sambut Pilkada, PK-IMM STIEM Kalianda Undang Bawaslu Gelar Sharing and Learning

  • Whatsapp

 

KALIANDA – Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK-IMM) STIEM Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel) menggelar kegiatan sharing and learning, soal peran mahasiswa dalam Pilkada serentak 2020.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Berdasarkan pantuan, hadir sebagai narasumber yakni anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lamsel, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO), Fahrurrozi, SE. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Kampus STIEM Kalianda, Kamis(3/12/2020).

Ketua PK IMM STIEM Kalianda, Ramadhani mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa mereka juga memiliki peran pengawasan dalam perhelatan Pilkada Lamsel 2020.

“Setidaknya, dari kegiatan ini kita dapat memahami, bahwa kita sebagai mahasiswa juga memiliki peran penting yaitu terkait pengawasan,” Katanya.

Sementara, selaku narasumber, Fahrurrozi menjelaskan materi dari dasar hukum pelaksanaan Pilkada hingga dasar hukum pengawasan Pilkada.

Terlebih, dalam giat sharing and learning tersebut Fahrurrozi menyinggung, bahwa mahasiswa utamanya PK-IMM memiliki peluang untuk terlibat langsung dalam pemantauan penyelenggaraan Pilkada di Lamsel.

“Yaitu dengan mendapatkan SK dari KPU, IMM bisa menjadi lembaga pemantau pemilu yang resmi dan diakui bahkan dilindungi untuk turut melakukan pemantauan pemilu,” Terangnya.

Alumni STIEM Kalianda ini juga menambahkan, pemantauan Pilkada bisa dilakukan dengan metode penempatan mahasiswa diwilayah domisili masing-masing. Mahasiswa tersebut sebagai petugas khusus untuk melakukan pemantauan.

“Ketika para mahasiswa memiliki temuan tertentu, bisa langsung dikoordinasikan dan dilaporkan ke Bawaslu Lamsel. Bisa juga langsung lapor ke saya via telpon. Setelah itu, laporan tersebut menjadi dasar kami dari bawaslu untuk melakukan penindakan,” Jelasnya lagi.

Ia berharap, dengan kegiatan sharing and learning ini, dapat menjadi refrensi baru bagi mahasiswa khususnya anggota PK-IMM STIEM Kalianda untuk dapat berperan kritis, aktif dan produktif. Termasuk dalam moment Pilkada serentak 2020. (Doy)

 338 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

banner 728x90