Nanang Cek Kualitas Armada Damkar Baru

  • Whatsapp

KALIANDA – Armada pemadam kebakaran (Damkar) di Lampung Selatan (Lamsel) bertambah satu unit. Penambahan armada fire fighters ini melalui APBD kabupaten setempat Tahun Anggaran 2020.

Sebelum dipergunakan, Bupati Lamsel Nanang Ermanto telah memastikan kesiapan armada tersebut. Dari kualitas armada, hingga kapasitas pemadaman yang bisa dipergunakan.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Pengecekan armada damkar berlangsung di halaman Rumah Dinas Bupati Lamsel, Jalan Lintas Sumatera, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kamis (7/1/2021) pagi tadi.

Berdasarkan pantauan, Nanang Ermanto didampingi Sekda Thamrin, Kasat Pol-PP Heri Bastian, Kabid Damkar Rully Fikriansyah dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Dalam pengecekkan kualitas armada Damkar itu, Nanang meyarankan agar satuan kerja terkait dapat melakukan perawatan secara maksimal. Agar, saat dipergunakan dalam melakukan penyelamatan juga dapat maksimal.

“Ini perawatannya harus di jaga. Biar maksimal. Bagus ini armadanya. Jangan sampai tidak dirawat,” ucap Bupati, disela-sela pengecekkan armada Damkar.

Usai memgecek kondisi dan kualitas armada, Nanang kemudian mencoba mengendarai armada tersebut mengelilingi Rumah Dinas Bupati.

Ditempat yang sama, Kasat Pol-PP dan Damkar Lamsel Heri Bastian mengatakan, armada damkar yang baru tersebut merupakan armada yang kualitas dan kapasitasnya paling baik diantara armada lainnya.

“Penambahan armada damkar ini, untuk memenuhi kebutuhan penanggulangan bencana kebakaran di Lamsel. Tentunya, kualitasnya harus bagus dan benar-benar bisa diandalkan,” terang Heri Bastian.

Sementara itu, Kabid Damkar Rully Fikriansyah memaparkan spesifikasi kendaraan damkar yakni, bermesin Mitsubishi 3900 cc dilengkapi tanki air berkapasitas 4500 liter, pompa pemadam kebakaran dengan semburan air 500 gallon per minute (GPM), bodi pelindung dari api dan bersertifikat ISO 9001, 14001, 45001, IATF 16949 pemadam kebakaran.

“Kualitas pengadaan armada damkar telah memenuhi standar dan spesifikasi pendukung tugas pemadam kebakaran yang dibutuhkan,” pungkas Rully.

Dikatakan Rully, saat ini armada Damkar yang dimiliki satuan penyelamat tersebut berjumlah 8 unit, namun dua diantaranya dalam kondisi rusak.

(Doy)

 46 kali dilihat,  6 kali dilihat hari ini

banner 728x90