8 Bulan Tahan Sakit Karena Tak Punya Uang, Kobar Bergerak Bantu Pengobatan Warga Ketapang

  • Whatsapp

 

KALIANDA – Saling membantu sesama umat, terus ditunjukan para aktivis sosial yang tergabung dalam Koordinasi Bersama Relawan (Kobar) di Lampung Selatan (Lamsel).

Bacaan Lainnya

Kali ini, sejumlah aktivis Kobar membantu meringankan beban keluarga Suhendra warga Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang, Rabu (20/1/2021).

Diketahui, Suhendra merupakan keluarga prasejahtera yang tinggal di rumah berdinding bilah bambu. Ia memiliki istri, Alhusna (28) yang tengah mengidap penyakit suspek ikterik yang mengakibatkan tubuhnya lemah.

Lantaran kondisi perekonomian yang minim, Suhendra hanya mampu merawat istrinya dirumah. Sesekali, ketika dirinya memiliki sedikit tabungan, ia membawa istrinya berobat ke klinik atau pusat kesehatan lainnya.

Hingga saat ini, Istri Suhendra telah 8 bulan mengidap penyakit yang memiliki nama lain ikterus tersebut.

Melalui koordinasi dari Puskesmas Kecamatan Ketapang, Kobar kemudian bergegas mengunjungi kediaman Suhendra. Salah seorang relawan kemudian berkoordinasi dengan pihak RSUD Bob Bazar untuk bagaimana dapat membantu pengobatan istri Suhendra hingga sembuh, tanpa biaya.

Dari koordinasi tersebut, alhasil pihak RSUD Bob Bazar bersedia, sehingga relawan Kobar langsung menjemput istri Suhendra dengan armada ambulan milik mereka untuk menghantarkan Alhusna mendapatkan perawatan intensif dari dokter.

Koordinator Kobar, M. Fadli mengatakan, keluarga Suhendra tidak memiliki BPJS. Sehingga mereka takut akan berobat ke RSUD Bob Bazar. Padahal, beberapa kali mereka disarankan oleh klinik untuk dirawat di RS pemerintah tersebut.

“Mendengar informasi itu, Kobar kemudian bergerak ke kediaman Suhendra di Ketapang. Karena sebelumnya telah menjalin koordinasi dengan pihak RSUD Bob Bazar, maka kita langsung membawa pasien ini ke Rumah Sakit,” Ujarnya kepada media-baru.com, petang tadi.

M. Fadli menuturkan, setibanya di RSUD Bob Bazat, Alhusna langsung mendapatkan penanganan intensif dari dokter. Bahkan, Kobar juga menyatakan siap mengawal pengobatan pasien hingga pulih dan sehat seperti semula.

“Kita sebagai umat manusia diwajibkan untuk saling membantu. Terlebih terhadap keluarga yang kurang mampu. Insya allah, atas izin Allah akan kita kawal pengobatannya,” Terangnya.

Ia juga mengatakan, Kobar akan membantu semua kebutuhan pengobatan istri Suhendra ini. Bahkan, hingga operasional armada ambulan juga digratiskan.

“Saat ini pasien sedang dirawat. Semoga cepat diberikan kesehatan,” Harapnya.

(Doy)

 204 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini