Jaga Sinergitas, PCNU Terima Kunjungan Kemenag Lamsel

  • Whatsapp

KALIANDA – Kementrian Agama (Kemenag) Lampung Selatan (Lamsel) menjalin silaturahmi ke sekretariat Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat, Kamis (4/2/2021).

Silaturahmi ini bertujuan untuk menjalin sinergitas dan kerjasama yang harmonis guna menjalankan tugas di sektor keagamaan di Bumi Khagom Mufakat.

Bacaan Lainnya

Ketua PCNU Lamsel, KH. Nur Mahfudz mengatakan, notabene Kemenag dan PCNU memiliki tugas yang sama. Yakni implementasi Himayatuddin dan Himayadaullah.

“Himayatuddin adalah menjaga agama yang ada neNegara Indonesia dengan mengedanpankan ukhuwah wathoniyah atau persaudaran sesama anak bangsa dan ukhuwah basyariah persaudaran sesama makhluk ciptaan Allah swt. Agar senantiasa bisa hidup rukun, damai dan tentram,” Terangnya.

Lebih lanjut Nur Mahfudz menjelaskan, sementara yang dimaksud dengan himayad daulah yaitu menjaga keutuhan Negara RI.

“Ini menjadi tugas bersama NU dan Kemenag. Kalau negara aman, damai dan tentram, kehidupan umat beragama didalam menjalankan kewajiban Ibadah juga akan aman, tenang dan khusuk. Karena tidak ada peperangan, pertikaian dan pengeboman di tempat-tempat ibadah,” Jelasnya.

“Menjaga agama bisa melalui pendidikan di pondok pondok pesantren dibawah naungan NU. Selain itu, juga pada kegiatan rutinan dimasyarakat. Seperti, pengajian, tahlilan, sholawatan, manaqiban, yasinan dan lainya,” Tutupnya.

Sementara, Kepala Kemenag Lamsel, Ashari menyampaikan, pihaknya bersilaturahim ke PCNU Lamsel guna meminta doa dan nasehat agar program yang dilaksanakan dapat menjadi manfaat untuk kemslahatan umat.

“NU adalah sesepuh ormas islam terbesar dan yang hadir atau lahir sebelum Indonesia merdeka, bahkan sebelum adanya Kementetian Agama. Jadi wajar saja, kalau Kemenag bersilaturrohim ke PCNU,” Ujarnya.

Diketahui, Kepala Kemenag Lamsel juga menjadi salah satu pengurus PCNU. Yakni menduduki jabatan Wakil Ketua Tanfidziyah. Selain itu, kasubag TU Kemenag Lamsel juga sebagai sekretaris PCNU Lamsel. (Doy)

 94 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini