Sosialisasi ke Warga Binaan, Posbakumadin Tanggamus Siap Beri Layanan Hukum Gratis

  • Whatsapp

TANGGAMUS – Puluhan warga binaan Rutan 2B Kota Agung, Kabupaten Tanggamus mendapat sosialisasi bantuan hukum oleh pihak Rutan 2B, Kementerian Hukum dan Ham Provinsi Lampung serta Posbakumadin.

Kegiatan yang terpusat di Aula Rutan 2B tersebut, dihadiri sedikitnya sekitar 26 warga binaan, Kamis (8/4/2021).

Bacaan Lainnya

Prameswari mewakili Kepala Rutan 2B, menerangkan seharusnya warga binaan yang mendapat kan penyuluhan seharusnya lebih dari 26 tapi yang tidak diikut sertakan merupakan pindahan baru, jadi harus isolasi terlebih dahulu  terkait pencegahan covid-19.

“Sebab, penyuluhan ini sangat penting bagi warga binaan, agar mereka sebagai warga binaan dapat terlayani hak – hak hukum keadilan selama proses hukum yang berjalan dan mendapatkan bantuan hukum,” Katanya.

Erwin team kementerian hukum dan HAM Provinsi Lampung menjelaskan, pemberian pendampingan hukum merupakan hak terdakwa berdasarkan UU Nomor 11 THN 2012 bahwasanya penerima bantuan hukum di berikan kepada mereka yang di kategorikan tidak mampu.

“Bahwasanya tidak semua lembaga dapat memberikan bantuan hukum secara gratis jika tidak terakreditasi di Kementerian Hukum dan HAM. Ligitasi, konsultasi, mediasi, sudah menjadi kewajiban bagi Posbakumadin untuk melakukan pendampingan di segala tahapan, dan Posbakumadin Tanggamus merupakan salah satu yang terbaik yang ada di Provinsi Lampung dalam memberikan bantuan hukum,”sambungnya.

Ketua Posbakumadin Tanggamus, OK Armed Ripanding SH mengatakan, bahwa warga binaan tidak perlu khawatir dan takut. Sebab Posbakumadin hadir untuk memberikan keadilan bagi masyarakat yang terjerat kasus hukum  gratis.

“Cukup dengan memberikan identitas diri dan surat keterangan tidak mampu dari desa/pekon maka Posbakumadin akan melayani dan mendampingi sampai keputusan inkrah dari pengadilan. Sudah menjadi Hak warga Negara untuk mendapatkan keadilan hukum baik di luar maupun di dalam pengadilan,”lanjutnya.

Berdasarkan pantauan, dalam penyuluhan tersebut berlangsung dengan santai, akrab dan penuh kekeluargaan terjadi tanya jawab antara warga binaan dan team Penyuluh hukum.

Dalam kegiatan itu, turut hadir mewakili kementerian hukum dan HAM provinsi Lampung Rieka dan Hara. Sedangkan untuk Posbakumadin di dampingi oleh Rodial. ( AK )

 139 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini