Analisis Risiko Bencana, PMI Tanggamus Lakukan Pemetaan

  • Whatsapp

TANGGAMUS – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tanggamus, mulai melakukan pemetaan dan analisis rawan bencana di daerah setempat, Selasa (20/4/2021).

Diantaranya yakni pemetaan bencana, risiko, kerentanan, dan kapasitas di desa penerima manfaat program kerjasama PMI-AmCross, sejak 16-30 April 2021 kemarin.

Bacaan Lainnya

Devi Supriyadi selaku Ketua Bidang PSD PMI Cabang Tanggamus menerangkan, mitigasi juga merupakan salah satu komponen dari pelaksanaan pengurangan risiko bencana.

“Mitigasi bencana ini dimaksudkan untuk mengurangi dampak bahaya alam baik melalui pelatihan masyarakat dalam perencanaan maupun pelaksanaan program,” Katanya.

Devi mengaku, kegiatan yang sangat penting dilakukan ini, sebagai langkah untuk menyediakan data perencanaan pengurangan risiko adalah pemetaan.

“Melalui pemetaan dan analisis terhadap bahaya, risiko, kerentanan dan sumber daya yang telah dilakukannya, maka KSR bersama-sama dengan Tim SIBAT serta tokoh masyarakat setempat menfasilitasi proses diskusi dan curah pendapat dengan masyarakat untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan permasalahan serta kebutuhan yang memerlukan pemecahan maupun pemenuhan,”terang Devi.

Ditempat yang sama, H. Samsul Hadi selaku Ketua Pengurus PMI Kabupaten Tanggamus mengatakan, bahwa tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan pemetaan risiko ini adalah agar masyarakat dapat memahami situasi daerahnya yang berbahaya dan berisiko.

‘’Selain dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan situasi daerahnya, kegiatan ini juga nantinya akan menghasilkan Peta Overlay, Peta Ancaman/Bahaya, Peta Risiko, Peta Kerentanan, Peta Kapasitas, dan Administrasi yang semua peta tersebut akan diserahkan ke pihak desa sebagai bagian dari Desa Tangguh Bencana,’’ tutupnya. ( AK )

 235 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini