Diikuti 150 Peserta, Trend Burung Kicau di Kecamatan Gisting Meriah

  • Whatsapp

TANGGAMUS – Berkah ramadhan bagi para pecinta burung kicau di Kabupaten Tanggamus. Ada sekitar 150 peserta, mengikuti trend burung kicau di Pekon Gisting Atas Blok 13, Kecamatan Gisting, Minggu (25/4/2021).

Dalam trend perdana seusai fakum di masa pandemi covid-19, sedikitnya ada 20 kelas penilaian. Antusias penonton yang merupakan para pecinta burung kicau juga nampak tinggi.

Bacaan Lainnya

Menurut peserta, trend ini merupakan bagian dari kegiatan untuk melepas rindu dalam menyalurkan hobi burung kicau. Sebab, sejak Kabupaten Tanggamus ditetapkan sebagai zona merah covid-19, kegiatan semacam ini dilarang.

Gamol sang pemilik tempat sekaligus penghobi burung kicau ini menjelaskan, kegiatan seperti ini merupakan ajang silaturahmi antar sesama pencinta burung kicau.

“Kalau istilah kami Latber (latihan bersama) Ada 20 kelas yang di nilai dan peserta yang ikut latihan ini hanya sekitar Kabupaten Tanggamus saja. Saya berharap kegiatan ini akan terus berlanjut tanpa ada lagi pelarangan lagi,” Katanya.

Ia juga mengatakan, semasa pandemi covid-19 harga birung kicau turun drastis. Gamol berpendapat, apabila kegiatan latihan bersama atau cup mulai digelar, maka semua linie ekonomi dibidang burung kicau akan kembali hidup.

“Perdagangan, peternakan, pengrajin dan yang pasti nilai jual burung kicau akan kembali naik,” Harapnya.

Ditempat yang sama, Angga selaku peserta latihan bersama ini menjelaskan, sudah setahun lebih sejak Pemerintah Kabupaten Tanggamus menetapkan zona waspada dan merah maka kegiatan seperti ini sudah tidak pernah terjadi.

“Baru kali ini kegiatan ini ada lagi, seneng rasanya bisa kumpul dan bersilaturahmi dengan sesama penghobi burung kicau yang lain. Melihat burung peliharaan kita naik gantangan kemudian menari dan bernyanyi di antara burung yang lain ada kepuasan tersendiri,”terangnya.

Nampak dalam kegiatan tersebut, juga turut dihadiri Anggota DPRD Provinsi Lampung, Heni Susilo dan Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus dari PKS Nursalim Ahyono.

Heni Susilo menjelaskan, inilah wujud new normal dalam kehidupan sehari-hari, yang terpenting itu adalah tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan.

“Bisa dilihat semua yang hadir menggunakan masker. Kalau ini, semua menjadi kebiasaan baru maka ekonomi pun akan tetap berjalan bagi masyarakat serta keadilan mereka rasakan,” Kata Heni.

Berdasarkan pantauan, dalam latihan bersama kali ini di kuasai oleh Aladin di kelas Kacer pemilik Mr Obama,Gempar di kelas Murai pemilik Andi Franca serta Macan kumbang penguasa kelas murai Nanjung 105 dengan pemilik Egi.

(AK)

 358 kali dilihat,  6 kali dilihat hari ini