Terisolir, Dusun Lubuk Teki Tak Pernah Tersentuh Pembangunan

  • Whatsapp

TANGGAMUS – Pemerintah Kabupaten Tanggamus, sepertinya mendapatkan atensi baru soal pemerataan pembangunan. Terlebih, tentang pembangunan desa tertinggal dan pemukiman terisolir.

Berdasarkan penelusuran, kembali di temukan pemukiman terisolir yang ada di Kabupaten Bumi Begawi Jejama ini. Yakni Dusun Lubuk Teki, Pekon Way Pring, Kecamatan Pugung.

Bacaan Lainnya

Dari pantauan, nampaknya dusun tersebut jauh dari sentuhan pembangunan. Baik dari Pemerintah Desa hingga Pemerintah Kabupaten.

Hal itu nampak jelas dari kondisi akses jalan masuk ke pemukiman ini. Selain jalan yang rusak parah, infrastruktur lain di pekon ini juga sekadarnya. Layaknya pemukiman tanpa perhatian.

Selain pembangunan infrastruktur, dusun ini juga nampaknya juga tak tersentuh program peningkatan ekonomi maupun program lainnya yang berkenaan dengan pengentasan kemiskinan.

Bahkan, warga Dusun Lubuk Teki hanya mengaku pasrah dengan konsisi yang ada. “Kalau masalah kemajuan dusun kami, bingung harus bercerita kepada siapa, sebab kami yakin bahwa pihak pekon sudah memikirkan itu. Tapi kondisi dusun kami ya seperti ini, jauh dari kata maju dan berkembang,” ujar salah seorang warga setempat, Aceng kepada media-baru.com, Senin (24/5/2021), seraya berkeluh.

Lebih dari itu, di pemukiman ini juga belum ada infrastruktur penerangan yang baik. Sebab, hingga saat ini belum ada satupun gardu bahkan tiang listrik yang tertancap di Dusun Lubuk Teki.

“Untuk listrik juga belum ada tiang satupun. Kami tidak begitu berharap banyak. Sebab jalan lainnya yang ada di Pekon Way Pring juga masih rusak. Apalah daya kami yang hanya dusunnya terpojok dan terjauh di Pekon,” Imbuh Aceng yang dibenarkan warga lainnya saat berbincang santai dengan wartawan media ini.

Untuk diketahui, terdapat sekitat 20 Kepala Keluarga yang tinggal di Dusun Lubuk Teki. Sementara, untuk mata pencaharian mereka, mayoritas merupakan petani dan pekebun. (AK)

 166 kali dilihat,  6 kali dilihat hari ini