Temui Titik Terang, Penyelidikan Kasus Aspal Dipantai Mengarah ke Tongkang

  • Whatsapp

KALIANDA – Misteri penemuan limbah cair berwarna pekat mirip aspal atau oli di sepanjang pesisir pantai Lampung Selatan (Lamsel), mulai menemui titik terang.

Sebelum memantik reaksi publik lebih luas, rupanya pihak kepolisian sudah bergerak duluan menyelidiki asal muasal limbah tersebut.

Bacaan Lainnya

Ternyata, ceceran limbah itu tak hanya tersebar di pinggiran pantai di Kecamatan Kalianda danĀ  Katibung. Melainkan, juga ditemukan di wilayah tepi pantai Kota Bandar Lampung, Kabupaten Pesawaran hingga Tanggamus sana.

“Limbah berjenis aspal atau oli itu, juga ditemukan di wilayah pantai Kota Bandar Lampung, Pesawaran dan Tanggamus,” ungkap Kapolres, AKBP Edwin, ketika ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (13/9/2021) sore.

AKBP Edwin melanjutkan, karena temuan limbah berada di beberapa kabupaten/kota, maka tim dari Polda Lampung yang langsung turun menangani permasalahan itu.

“Polres Lamsel dalam hal ini berperan mem-back up hal-hal yang berkaitan dengan penyelidikan yang dilakukan oleh tim dari Polda Lampung,” tegas pria berpembawaan ramah itu.

Ditanya ihwal perkembangan penyelidikan, Kapolres menyebutkan, dugaan sementara mengarah pada kapal tongkang yang rutenya melintasi wilayah laut ditemukannya limbah.

“Diperkirakan, limbah itu sudah ada sejak tanggal 30 Agustus atau sekitar dua minggu yang lalu,” rinci AKBP Edwin.

Dari temuan itu, mencuat langkah pihak berwajib yang selanjutnya dimungkinkan akan berkoordinasi dengan pihak syahbandar.

“Pihak syahbandar yang paling mengetahui rute dan kapal mana saja yang melewati jalur laut dan sungai di Lampung,” pungkas Kapolres. (Han)

 106 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini