Dinas Damkar dan Penyelamatan Lamsel Gelar Latihan Evakuasi di Gedung Tinggi

  • Whatsapp

KALIANDA – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), menggelar latihan evakuasi dan penyelamatan di ketinggian serta perairan.

Mengambil tempat, lantai 3 gedung baru BPKAD Lamsel, latihan teknik rapling itu diikuti oleh segenap jajaran dinas terkait.

Bacaan Lainnya

Kadis Damkar dan Penyelamatan Maturidi mengatakan, giat ini difokuskan melatih keterampilan petugas melakukan evakuasi dan penyelamatan di gedung tinggi.

“Penyelamatan memiliki arti luas. Termasuk mengevakuasi ular, tawon, kemudian evakuasi buaya bekerjasama dengan BKSDA setempat,” terang Maturidi saat ditemui di lokasi latihan, Selasa (21/9/2021).

Dinas yang memiliki semboyan ‘pantang pulang sebelum api padam’ itu, bahkan pernah dimintai tolong warga untuk mengevakuasi kucing yang terjebak diatas pepohonan hingga penampungan air.

“Penyelamatan tidak bisa sembarangan, harus dilakukan oleh orang-orang tertentu yang terlatih di bidangnya,” tegas Maturidi.

Terakhir, Ia juga menyampaikan harapan tersendiri, dimana seharusnya latihan ini bisa melibatkan dinas terkait lainnya seperti BPBD dan Satpol PP.

“Mengingat, tidak ada angarannya. Latihan ini akhirnya kami lakukan sendiri,” pungkas Maturidi.

Dalam kesempatan itu, Kepala Pos Basarnas Bakauheni Denny Mezu, yang juga selaku instruktur latihan menyebut tingkat kesulitan ketika mengevakuasi dari gedung tinggi adalah tidak ditemukannya angkor atau tiang ditengah.

“Disitulah, diperlukan personil yang sudah terlatih untuk melakukan evakuasi dan pertolongan di ketinggian,” ulas Denny sembari mengakhiri. (Han)