Hati-Hati ! Pos Basarnas Bakauheni Ingatkan Nelayan Soal Gelombang Tinggi

  • Whatsapp

KALIANDA – Pos Basarnas Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel), keluarkan himbauan untuk para nelayan, menyikapi fenomena cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini.

Ditemui saat menjadi instruktur pelatihan evakuasi dan penyelamatan yang diselenggarakan oleh Dinas Damkar dan Penyelamatan Lamsel, bertempat di lantai 3 gedung baru BPKAD.

Bacaan Lainnya

Kepala Pos Basarnas Bakauheni Denny Mezu, menyebut situasi gelombang laut kawasan Bakauheni sedang tidak dalam kondisi ideal.

“Gelombang saat ini tidak bisa diprediksi. Karena kondisi cuaca sedang tidak stabil, 2 hari kadang cuaca buruk setelahnya landai bagus lagi,” terang Denny disela-sela pelatihan, Selasa (21/9/2021).

Bahkan, Denny lebih lanjut mengeluarkan pernyataan bernada menghimbau kepada para nelayan agar memperhatikan faktor cuaca karena kondisi gelombang laut sedang tinggi.

“Lebih berhati-hati kepada rekan nelayan dalam melaksanakan kegiatan melaut. Karena, beberapa hari ini kondisi gelombang laut cukup tinggi mencapai 1 hingga 2 meter,” ujar Denny sembari mewanti-wanti.

Bukan pepesan kosong, karena minggu lalu pihaknya baru saja mengevakuasi seorang nelayan yang kapalnya terbalik akibat gelombang tinggi di wilayah Tanjung Tua.

Musibah itu, menimpa nelayan yang berasal dari Way Muli. Beruntung, si korban berhasil naik keatas perahu yang terbalik lalu menghubungi keluarga menggunakan alat telekomunikasi yang dibawanya.

“Pihak keluarga (korban, red.) kemudian melapor ke Basarnas untuk dilakukan evakuasi sampai ke Way Muli. Alhamdulillah, korban selamat,” pungkas Denny. (Han)

 64 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini