Terindikasi Sarat Korup, DPMD Lamsel Bakal Cek Rabat Beton Desa Suak

  • Whatsapp

KALIANDA – Dugaan penyelewengan dana desa (DD) pada ploting pembangunan jalan rabat beton di Desa Suak, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan (Lamsel), sepertinya menjadi atensi khusus Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) setempat.

Diberitakan sebelumnya, pengerjaan rabat beton di Dusun Tanjung Raya, Desa Suak yang dianggarkan melalui Dana Desa (DD)  dengan menelan biaya sekitar Rp62.685.000, diduga menjadi syarat korupsi.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan plank proyek yang dipajang disekitar lokasi, tertulis pembangunan jalan rabat beton itu panjangnya 150 meter, dengan ukuran volume 2,5 x 0,15 meter.

Namun, yang direalisasikan oleh pihak desa diduga hanya separuhnya. Yaitu dengan panjang sekitar 75 meter.

Menyikapi hal tersebut, sebelumnya Inspektorat dan pihak kepolisian yang hingga saat ini masih menunggu laporan dari masyarakat. Sementara, DPMD Lamsel juga siap ambil langkah.

Dikonfirmasi Selasa (28/9/2021) siang tadi, Kepala DPMD Lamsel, Rohadian menyatakan siap terjun ke lapangan, guna melalukan cross chek, kebenaran informasi tersebut. Terlebih, pihaknya juga bakal melalukan monitoring secara mendetail terkait dugaan sarat korupsi pada pembangunan rabat beton di Desa Suak.
“Akan kita cek di lapangan,” Singkatnya kepada wartawan.

Rohadian melanjutkan, jika berdasarkan monitoring dilapangan terdapat dugaan penyimpangan realisasi DD pada pembangunan fisik, maka untuk lebih lanjut, pihaknya menyerahkan kepada kewenangan inspektorat. “Nanti kewenangan inspektorat,” Kata Rohadian. (Tim/Doy/Red)

 160 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini