Dinahkodai Rudi Apriadi, PDAM Jasa Tirta Mulai Berbenah

  • Whatsapp

KALIANDA – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jasa Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), jamin ketersediaan air bersih dan higienis mencukupi kebutuhan konsumen di kabupaten setempat.

Dibawah kepemimpinan Direktur PDAM Tirta Jasa Rudi Apriadi untuk periode 2020-2024, pembenahan internal dan penyempurnaan manajemen hingga pelayanan menjadi prioritas perusahaan plat merah tersebut.

Bacaan Lainnya

Hal itu terkuak, tatkala media berjumpa dengan Rudi Apriadi di kantor PDAM yang terletak di Jl. Mustafa Kemal No. 13, Kecamatan Kalianda, Rabu (13/10/2021), siang.

Meski tak ada gading yang tak retak, Rudi Apriadi mengaku telah berupaya semaksimal mungkin membenahi manajerial PDAM secara perlahan tapi pasti.

“Contohnya, nilai kerugian PDAM pada rentang tahun 2019-2020 sebesar Rp. 1,9 miliar. Alhamdulillah, per 30 September 2021 nilainya turun menjadi Rp. 276 juta,” sebut Rudi Apriadi dengan nada merendah.

Ditanya lebih lanjut terkait prosedur standar pengelolaan air bersih sebelum sampai ke tangan konsumen, Rudi Apriadi secara gamblang membeberkan runutannya.

Dimana, air bersih yang di akan konsumsi oleh para pengguna jasa tentunya harus melalui uji klinis yang ketat dan memenuhi standar mutu yang telah ditentukan oleh Dinas Kesehatan setempat.

Tak main-main, uji kualitas yang dilakukan oleh UPTD Laboratorium Kesehatan secara periodik per tiga bulan itu wajib melalui parameter yakni fisika, kimia serta bakteriologi.

“Sesuai hasil uji laboratorium dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, per tanggal 12 Oktober 2021, stok air kita higienis dan layak untuk di konsumsi,” beber mantan wartawan senior itu.

Lebih lanjut, Rudi Apriadi merinci 8 unit pengolahan air yang secara berkala dilakukan uji terstandar air layak konsumsi diantaranya Branti, Hajimena, Way Huwi, Way Kandis, Jati Agung, Sidomulyo, Bakauheni dan Kalianda.

“Pelayanan ketersediaan air dengan standar mutu dan higienis menjadi prioritas kami,” pungkas Rudi Apriadi diplomatis. (Han)

 82 kali dilihat,  14 kali dilihat hari ini