Pilkades Serentak di Lamsel Dipantau Kemendagri

  • Whatsapp

KALIANDA,  – Pelaksanaan  Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang I di Kabupaten Lampung Selatan digelar, hari ini Kamis, 28 Oktober 2021.

Pelaksanaan Pilkades serentak di 84 desa yang tersebar di 17 kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan dipantau langsung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Bacaan Lainnya

Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Yusharto Huntoyungo memantau pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Lampung Selatan melalui zoom meeting.

Sementara, hadir secara virtual dari Aula Sebuku, rumah dinas bupati Lampung Selatan, Bupati H. Nanang Ermanto, Kapolres AKBP Edwin, Dandim 0421/LS Letkol Inf. Enrico Setiyo Nugroho, perwakilan Kejaksaan, serta Sekda dan jajaran pejabat Pemkab Lampung Selatan.

Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melaporkan, bahwa Kabupaten Lampung Selatan terdiri dari 17 kecamatan, 256 desa, dan 4 kelurahan.

Dari jumlah itu kata Nanang, ada 84 desa dari 17 kecamatan yang melaksanakan Pilkades serentak di daerahnya. Dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 284 orang.

“Pagi ini pemerintah daerah ada kegiatan Pikades serentak. Kami beserta Forkopimda juga melakukan pemantauan dengan turun langsung ke lapangan. Dan siangnya juga ada kunjungan Wakapolda Lampung untuk memantau Pilakdes di Lampung Selatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, meskipun sempat terjadi penundaan pelaksanaan Pikakdes karena pandemi Covid-19, namun tahapan Pilakades seentak tetap berjalan.

Alhamdulillah tahapan-tahapan Pilkades serentak berjalan lancar. Sampai saat ini pada hari pecoblosan semua berjalan dengan lancar,” kata Nanang.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dan jajaran Forkopimda Lampung Selatan saat mendengarkan arahan Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri melalui zoom meeting terkait Pilakdes serentak tahun 2021.

Nanang juga mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 dalam pelaksanaan Pilkades serentak, pihaknya telah membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 bersama TNI-Polri untuk memantau langsung ke 84 desa yang melaksanakan Pilkades.

Tim Satgas Covid-19 itu kata Nanang, akan bertugas untuk memastikan pelaksanaan Pilkades serentak ditengah pandemi yang digelar di 469 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 84 desa telah menerapkan protokol kesehatan (protokol) secara ketat.

“Tim Satgas Covid-19 ini bertugas untuk memastikan dalam pelaksanaan Pilkades tidak ada penyebaran virus Covid-19. Dan alhamdulillah, berkat gotong-royong kerjasama TNI-Polri dan pemerintah daerah, Lampung Selatan saat ini bisa mempertahankan level 2,” tuturnya.

Nanang juga menyatakan, pemerintah daerah bersama TNI-Polri akan terus memantau pelaksanaan Pilakdes, sehingga bisa berjalan dengan aman, lancar, dan sehat.

“Sebelum Pilakdes, dari awal pandemi kami selalu turun ke lapangan untuk menanggulangi Covid-19. Karena Lampung Selatan ini merupakan pintu gerbang arus barang atau orang dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya. Ini yang perlu kami antisipasi,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Yusharto Huntoyungo berharap, Pilkades serentak di Kabupaten Lampung Selatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses, dan bisa menghasilkan kepala desa sesuai dengan yang diharapakan.

“Kami berharap pak bupati akan mendapatkan para kepala desa yang profesioanal dan amanah, dalam membantu pencapaian visi misi bapak bupati selaku pimpinan daerah di Kabupaten Lampung Selatan,” katanya. (AZ)