Tim SAR Gabungan Akhirnya Temukan Nelayan yang Sempat Hilang Kontak di Perairan Tanjung Tua

LAMPUNG SELATAN – Tim SAR Gabungan berhasil temukan 2 orang nelayan yang hilang kontak di sekitar Perairan Tanjung Tua dan Pulau Sebesi di Lampung Selatan, pada Minggu (17/3/2024).

“Iya benar, semalam kita mendapatkan informasi adanya 2 orang nelayan di Lampung Selatan hilang,” ucap Kepala Kantor Basarnas Lampung, Deden Ridwansyah dilansir Lampung Geh.

Kejadian itu berawal pada Sabtu (16/3) pada pukul 09.00 WIB, 2 orang nelayan berangkat dari dermaga Muara Pilu menuju perairan antara Tanjung Tua dan Pulau Sebesi untuk mencari ikan, namun sampai pukul 22.00 WIB keduanya tak kunjung pulang.

Kemudian Bapak Doni selaku adik dari salah satu korban menghubungi Basarnas Lampung untuk meminta bantuan guna melakukan pencarian dua orang nelayan yang hilang kontak.

Adapun identitas korban yang sedang dalam pencarian yaitu Suherman (56) merupakan warga Desa Muara Piluk, dan Januri (35) merupakan warga Dusun Belebu, Desa Totoharjo, Kabupaten Lampung Selatan.

Kemudian tim search and rescue (SAR) Gabungan yang terdiri dari Basarnas Lampung, Polairud Polres Lamsel, Polairud Polda Lampung dan nelayan setempat melaksanakan penyisiran di sepanjang bibir Pantai dari Muara Piluk sampai Tanjung Bawang menggunakan Perahu Nelayan.

Tim dibagi menjadi 2 SRU (SAR Rescue Unit). SRU I menggunakan RIB 03 Basarnas Lampung melaksanakan pencarian radius 14 km dari lokasi kejadian ke arah Utara. SRU II menggunakan perahu nelayan melaksanakan pencarian hingga radius 10 km arah Selatan dari lokasi kejadian.

Sekitar pukul 11.00 WIB, Tim SAR Gabungan menerima informasi dari nelayan setempat bahwa korban telah ditemukan di sekitar Perairan Sangiang.
Koordinator Pos SAR Bakauheni Rezie Kuswara melaporkan informasi tersebut langsung kepada Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah.

“Selanjutnya tim menuju lokasi tersebut guna memastikan kebenaran info tersebut dan melaksanakan evakuasi,” ungkapnya.

Setibanya dilokasi, Tim SAR Bergegas untuk mengevakuasi korban yang sudah dalam kondisi lemas.
“Tiba di lokasi penemuan korban, tim SAR Gabungan langsung mengevakuasi korban dalam keadaan selamat menuju Dermaga Muara Piluk dan dibawa ke Puskesmas untuk dilaksanakan penanganan medis,” tutupnya. (Al/Put)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *