DD dan ADD Tahap 1 di Lamsel Dipastikan Cair Sebelum Lebaran

 

KALIANDA – Seluruh aparatur desa di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) nampaknya sudah bisa tersenyum lebar. Terlebih, saat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Sebab, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) setempat, Erdiansyah memastikan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dapat dicairkan pada akhir Maret atau awal April 2024, sebelum Hari Raya Idul Fitri.

“Akhir Maret atau awal April 2024. Ini sudah on proses,” Tegasnya, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (19/3/2024).

Erdi juga mengatakan, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti yang mengahmabat proses pencairan DD dan ADD. Hanya saja, perlu kerja ekstra dari semua pihak agar dapat terealisasi sesuai harapan.

“Gak ada kendala. Hanya melalui tahapan – tahapan saja. Makanya, kita geber ini. Kejar target sebelum lebaran suda cair semua,” Imbuhnya.

Diketahui, penyaluran DD pada tahap 1 tahun 2024 sebsar 40 persen di setiap desa. Sementara, untuk total anggaran DD di Lamsel tahun ini adalah sebesar Rp 253 Miliar. Dimana, nilai ini mengalami kenaikan dibandingkan penyaluran DD tahun 2023 lalu.

Sedangkan, sesuai dengan Permendes Nomor 7/2023 tentang prioritas penggunaan DD, Permendes nomor 13/2023 tentang petunjuk operasional penggunaan DD 2024 dan PMK nomor 124/2023 tentang pelaksanaan DD, terdapat 3 prioritas utama penggunaan DD tahun 2024 ini.

Tiga prioritas utama tersebut yakni pertama, untuk BLT DD maksimal 25 persen. Kedua, untuk ketahanan pangan minimal 20 persen dalam rangka pencegahan inflasi. Ketiga, percepatan penanganan stunting. (Doy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *